Migran Tewas Akibat Kebakaran di Kamp Pengungsi Yunani

Ilustrasi imigran
Sumber :
  • REUTERS/Marko Djurica

VIVA.co.id – Dua orang tewas dan dua orang lainnya mengalami luka serius dalam peristiwa kebakaran yang melanda Kamp Pengungsi Moria, Pulau Lesbos, Yunani, pada Kamis.

AS Cabut Larangan Masuk Pendatang dari 11 Negara Berisiko

Mengkutip situs Anadolu Agency, Jumat, 25 November 2016, api diduga berasal dari sebuah ledakan tangki bensin dan menyebabkan sebagian besar kamp pengungsi nyaris terbakar dilalap si jago merah.

Korban adalah seorang ibu dan putri kecilnya langsung tewas di tempat. Sementara, dua orang lainnya turut menderita luka bakar serius meski berhasil diselamatkan dari kobaran api.

RI Klaim Siap Tampung Rohingya, Pengungsi Lama Nasibnya?

Hingga saat ini, pihak terkait belum bisa memberikan klarifikasi dalam peristiwa tersebut. Seperti diketahui, Kamp Pengungsi Moria menampung sekitar enam ribu pengungsi dan migran yang terdampar di Pulau Lesbos.

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal PBB, Ban Ki-moon, mengungkapkan, negara-negara anggota PBB setuju untuk melindungi hak-hak pengungsi dan migran.

Bayi 4 Hari Nyaris Jadi Korban Ganasnya Laut Mediterania

Selain itu, menurut Ban, mereka juga sepakat berbagi tanggung jawab untuk gerakan orang-orang dalam jumlah besar pada skala global.

“Pengungsi dan migran seharusnya tidak dipandang sebagai beban. Mereka menawarkan potensi besar kalau kita bisa menanganinya. Kita harus menjadikan HAM seluruh pengungsi dan migran bagian penting dari komitmen kita,” tutur Ban, beberapa waktu lalu.

Para imigran yang tiba di perbatasan AS-Meksiko mengatakan mereka melarikan diri dari negaranya untuk menghindari persekusi, kemiskinan, dan kekerasan - Getty Images

Lagi, Bocah Imigran Tewas di Tahanan Perbatasan AS-Meksiko

Bocah berusia 8 tahun itu berasal dari Guatemala.

img_title
VIVA.co.id
26 Desember 2018