Ribuan Warga di Arab Saudi Terinveksi AIDS

Ilustrasi.
Sumber :
  • REUTERS/Nacho Doce

VIVA.co.id – Kementerian Kesehatan Arab Saudi mengonfirmasi bahwa sebanyak 1.191 orang terinveksi virus Acquired Immune Deficiency Syndrome (AIDS).

Lowongan Masinis Perempuan di Saudi Dibanjiri 28 Ribu Pelamar

Menteri Kesehatan Arab Saudi, Tawfiq Al-Rabiah mengatakan, data terbaru menunjukkan dari 1.191 orang yang terkena virus mematikan ini 436 di antaranya warga negaranya.

"Data ini dari tahun 2015 sampai sekarang," kata Al-Rabiah, seperti dikutip situs Alarabiya, Jumat, 2 Desember 2016. Ia juga mengungkapkan, pada 1984 hingga 2015, total penderita AIDS mencapai 22.952 orang, di mana 6.770 orang adalah warga negara Arab Saudi.

Studi Menemukan Varian HIV yang Lebih Menular dan Merusak

Kendati demikian, ia mengklaim jika pemerintah Saudi telah berhasil menjalankan perawatan, pencegahan dan pengobatan, bagi Orang Dengan HIV AIDS (ODHA).

"Selama lebih dari satu tahun ini terdapat 11 pusat kesehatan spesialis telah dibangun oleh pemerintah di ibu kota Riyadh, Jeddah, Mekah, Taif, Assir, Jazan, Dammam dan Madinah," ungkapnya.

Varian Virus HIV Baru Ditemukan, Lebih Cepat Menginfeksi dan Menyebar

Sebelumnya, Pangeran Harry dari Kerajaan Inggris, melakukan tes HIV/AIDS masih dalam rangka memeringati Hari AIDS Sedunia.

Pangeran Harry menghadiri acara bernama 'Man Aware' di Barbados pada Kamis kemarin. Ia hadir di sela-sela waktu senggangnya kala menjalani Tour of the Caribbean yang berjalan selama dua minggu.

Adik dari Pangeran William itu sengaja datang untuk melakukan tes dan memberikan beberapa informasi penting terkait HIV/AIDS. Hal itu ia lakukan agar memberikan stigma bahwa tes HIV bukan sesuatu yang sulit untuk dilakukan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya