Pengamat : Jangan Alergi pada Kasus Rohingya

Pengungsi Rohingya.
Sumber :
  • REUTERS/Mohammad Ponir Hossain

VIVA.co.id – Mantan Wakil Luar Negeri RI Dino Patti Djalal menilai ASEAN, sebagai komunitas negara di kawasan, telah mengalami perubahan di abad ke-21. Dalam hal ini, prinsip demokrasi dan hak asasi manusia merupakan elemen penting, terutama perhatian atas kekerasan di Rohingya.

Lagi, 50 Imigran Rohingya Mendarat di Aceh

"Dulu, waktu ada genosida di Kamboja, banyak negara-negara yang cenderung diam. Beda dengan ASEAN yang sekarang. Jadi, kalau ada satu kelompok di negara anggota yang sengsara, itu harus jadi perhatian kita bersama," kata Dino kepada wartawan di Jakarta, Selasa 6 Desember 2016.

Menurutnya, permasalahan ini perlu menjadi perhatian bersama, lantaran bila dibiarkan, maka akan berimbas ke negara-negara sahabat dan negara tetangga.

Bobon Santoso Ogah Masak untuk Rohingya: Mending Masak Buat Saudara di Papua

"Jadi, Myanmar tidak perlu terlalu sensitif mengenai hal ini. Karena, kalau masalah ini dibiarkan tidak hanya berdampak pada Myanmar sendiri, tetapi juga dirasakan ASEAN, bahkan di tingkat global. Myanmar jangan berlindung di balik non-interference," ujar Founder Foreign Policy Community Indonesia ini.

Meskipun kasus yang terjadi di Rakhine state, merupakan masalah internal, tetapi juga bisa berdampak di tingkat regional. Menurutnya, Indonesia tidak perlu melakukan megaphone diplomacy, tetapi yang terpenting adalah pesan yang dibawa itu tersampaikan dan kewajiban Myanmar untuk pro aktif menangani hal ini dapat terlaksana.

Imigran Rohingya Dapat Penolakan di Aceh, Aa Gym: Bayangkan Kalau Kita di Posisi Mereka

Ketika ditanyakan perihal pertemuan Menlu RI dengan Counselor State Myanmar, Dino menilai, yang pertama harus dilakukan adalah mendengar situasi yang terjadi seperti apa dan mengimbau bahwa hal ini perlu ditangani secara aktif oleh Myanmar.

"Jangan alergi terhadap Rohingya. Pemerintah harus pro aktif. Jangan lepas tangan, sehingga negara tetangga, nantinya yang kena imbas," katanya, tegas. (asp)

Ustaz Derry Sulaiman

Top Trending: Derry Sulaiman Siap Tampung Imigran Rohingya, Ramalan 2024 Bakal Terjadi Perang

Berita tentang kasus-kasus bunuh diri satu keluarga paling mengerikan di dunia menjadi yang terpopuler di kanal Trending VIVA.co.id sepanjang hari Kamis, 14 Desember 2023

img_title
VIVA.co.id
15 Desember 2023