Empat Kesepakatan Kerja Sama India dan Indonesia

Jokowi dan PM India Narendra Modi
Sumber :
  • Twitter/ @MEAIndia

VIVA.co.id – Kunjungan Presiden Joko Widodo ke India hari ini, Senin 12 Desember 2016, disambut baik oleh Perdana Menteri India Narendra Modi. Guna meningkatkan kerja sama dan mencari peluang baru di bidang perdagangan maupun investasi, Presiden Jokowi dan PM Narendra Modi membahas sejumlah agenda kerja sama antar dua negara.

Pemilu India Dimulai, Calon Petahana Narendra Modi Masih Favorit

Dalam pernyataan pers yang diunggah pada website resmi PM India narendramodi.in, Narendra bersama Jokowi menyampaikan hasil kesepakatan kerja sama dua negara tersebut.

Ada empat agenda utama yang disepakati yaitu bahwa India dan Indonesia sepakat untuk memprioritaskan kerja sama soal pertahanan dan keamanan.

Jokowi Dalami Isu yang Berkembang di Media Hadapi Debat Pilpres

India dan Indonesia juga sepakat untuk membangun kemitraan ekonomi, pengembangan ide-ide, perdagangan, modal, dan lain-lain.

Selain itu, India dan Indonesia akan bekerja sama dalam bidang farmasi, IT, software, juga pengembangan keterampilan pada bidang tersebut.

Jokowi: Debat Saja Pakai Latihan

Kesepakatan terakhir India dan Indonesia adalah dalam bidang pendidikan. Akan dipercepat pembentukan bidang studi pada masing-masing universitas di kedua negara.

Pada kesempatan yang sama, PM Narendra Modi juga mengawali pernyataan pers dengan mengungkapkan belasungkawa atas bencana gempa yang terjadi di Aceh beberapa waktu lalu.

PM Narendra menutup pernyataan persnya dengan mengucapkan selamat hari raya Maulid Nabi Muhammad SAW kepada masyarakat Indonesia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya