RI Dukung Resolusi PBB untuk Gencatan Senjata di Suriah

Satu keluarga melewati salah satu sudut kota di Suriah yang hancur.
Sumber :
  • REUTERS/Abdalrhman Ismail

VIVA.co.id – Indonesia secara tegas mendukung resolusi Perserikatan Bangsa-Bangsa, yang diberi judul 'Situasi di Suriah' untuk mendesak gencatan senjata di Suriah. Posisi Indonesia itu dinyatakan oleh delegasi Indonesia untuk PBB, Kamapradipta Isnomo, dalam sidang Majelis Umum PBB di New York pada 9 Desember 2016.

Turki Akan Melancarkan Operasi Militer Melawan Irak Bulan Ini, Ada Apa?

Dengan mendukung sikap PBB, Pemerintah Indonesia – seperti diutarakan Kamapradipta – menyerukan kepada pihak yang bertikai untuk segera melakukan gencatan senjata. Indonesia juga mendorong akses penuh tanpa hambatan untuk penyaluran bantuan kemanusiaan.

"Sejak Maret 2011, Indonesia tetap konsisten, secara berulang-ulang mendorong dan menyerukan kepada semua pihak yang bertikai di Republik Arab Suriah untuk menyelesaikan isu-isu politik secara damai melalui dialog dan negosiasi, bukannya memilih kekerasan dan penindasan. Hal ini karena kami percaya bahwa tidak ada solusi militer untuk konflik," ujar Kamapradipta seperti dilansir dari laman resmi PBB, Minggu 18 Desember 2016.

3 Negara Dengan Paspor Terlemah di Dunia Tahun 2024, Ada Indonesia?

Indonesia menyerukan masyarakat internasional untuk menghormati keutuhan wilayah, persatuan, kemerdekaan, dan kedaulatan Republik Arab Suriah. Sekaligus menyerukan untuk menghormati hukum kemanusiaan dan hak asasi manusia internasional sebagai kewajiban terhadap ketentuan Piagam PBB.

Sangat disayangkan bahwa situasi di Suriah belum membaik. Faktanya malah semakin memburuk. Indonesia masih sangat terganggu dengan pelanggaran hak asasi manusia dari semua pihak bertikai, penggunaan senjata peledak dan mematikan di area padat penduduk, terhambatnya akses kemanusiaan, dan penyerangan terhadap warga sipil, serta infrastruktur sipil penting, secara jelas pelanggaran terhadap Konvensi Jenewa.

KRI RJW-992 Beraksi di Mesir, Bantu Warga Suriah yang Jadi Korban Laka Laut di Perairan Mediterania

"Indonesia berharap untuk prioritas pada penghentian konflik dan permusuhan, dan memberikan akses bantuan kemanusiaan, dan dimulainya kembali proses politik inklusi, yang dipimpin oleh Suriah, ditujukan pada pembentukan pemerintahan yang dapat menciptakan ketertiban, dan perdamaian oleh rakyat Suriah di negara itu," ujarnya.  

Indonesia juga menegaskan situasi di Suriah menimbulkan penderitaan bagi penduduk sipil Suriah, menimbulkan kerugian besar, membahayakan rakyat Suriah. Konflik di Suriah seharusnya sudah bisa sejak lama diselesaikan bila Dewan Keamanan menjalankan kewajiban dan menunjukkan kepemimpinan untuk mempertahankan keamanan dan perdamaian internasional.  

Lihat video penjelasan Delegasi RI dukung Resolusi PBB atas Suriah, di bawah ini atau klik link ini.

Penjelasan Delegasi RI Dukung Resolusi PBB atas Suriah
VIVA.co.id – Penjelasan delegasi RI menyatakan mendukung (in favor) - bukan abstain - soal resolusi PBB atas Suriah di New York 9 Desember 2016 kemarin.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya