Ratu Elizabeth II Nyaris Tertembak

Ratu Elizabeth II
Sumber :
  • REUTERS/Justin Tallis/Pool

VIVA.co.id – Beberapa waktu terakhir kediaman Ratu Elizabeth II, Buckingham Palace, kerap kedatangan penyusup yang masuk ke dalam istana. Hal ini membuat para penjaga istana harus ekstra ketat dan memperluas keamanannya. Namun hal ini justru hampir menjadi petaka bagi sang Ratu sendiri.

Ratu Elizabeth II Diisukan Meninggal karena COVID-19, Ini Faktanya

Menurut kesaksian salah satu mantan pengawal Ratu, seperti dilansir Independent, Jumat, 6 Januari 2017, ia mengaku hampir menembak Ratu pada suatu malam. Ia menyangka saat itu sosok yang ia lihat adalah seorang penyusup.

"Ratu menderita insomnia sehingga kadang ia memakai mantelnya dan berjalan-jalan di sekitar istana pada tengah malam. Waktu itu saya sedang berpatroli di dalam istana ketika melihat sosok dalam gelap sekitar pukul 03.00," kata pengawal yang tak disebutkan namanya tersebut.

Ratu Elizabeth II Ternyata Penggemar Arsenal

Namun yang mengejutkan, sosok tersebut adalah Ratu. Pengawal itu mengaku hampir saja menembak Ratu yang disangka penyusup yang akan melakukan hal berbahaya di dalam istana. Menyadari kesalahannya, mantan pengawal ini pun mengira akan dikenakan sanksi oleh pihak kerajaan.

"Tak apa-apa, lain kali saya akan meneleponmu terlebih dahulu sehingga Anda tak perlu menembakku," kata Ratu Elizabeth kepada pengawal.

Ratu Elizabeth Positif COVID-19 di Usia 95 Tahun, Ini Gejalanya

Bulan Agustus lalu, seorang pria berusia 22 tahun ditangkap sekitar 04.00 waktu setempat setelah memanjat pagar keamanan istana Buckingham. Dia ditemukan setelah terlihat di monitoring CCTV.

Selain itu pada Mei, Denis Hennessy, seorang pria berusia 41 tahun memanjat kawat berduri dan menjelajahi istana selama 10 menit saat Ratu, Pangeran Philip, dan Pangeran Andrew sedang berada di kediaman.

Sebelumnya juga pada 2013, seorang pria tertangkap memanjat pagar perimeter dan ditemukan di dalam salah satu ruang kenegaraan. Saat itu tak ada satu pun bangsawan di dalam istana.

Kabar ini tentu membuat keresahan terutama kalangan masyarakat yang mengkhawatirkan keselamatan Ratu. Beberapa waktu terakhir, Ratu berusia 90 tahun ini tak terlihat selama libur Natal karena kondisi kesehatannya yang buruk. Pihak Kerajaan mengungkapkan Ratu sedang dalam masa penyembuhan setelah menderita flu berat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya