Tak Ada Pesta Ultah untuk Pemimpin Kim Jong Un

Pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un.
Sumber :
  • REUTERS/KCNA

VIVA.co.id –  Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un berulang tahun yang ke-33 pada hari Minggu, tanggal 8 Januari kemarin. Namun, tanpa kemeriahan.

8 Aturan Aneh yang Harus Dituruti Istri Kim Jong-un, Ri Sol-ju

Ulang tahun Kim tidak dinyatakan sebagai hari libur nasional dan tidak ada acara khusus yang diselenggarakan, meski pada Oktober lalu pengumuman menyebut akan dirayakan secara besar-besaran.

Meski pemimpin muda yang terkenal di seluruh negeri itu berulang tahun, namun tak ada perayaan berarti seperti yang dilakukan terhadap ulang tahun almarhum kakek dan ayahnya. Warga Pyongang pun melakukan apa yang mereka lakukan setiap hari seperti biasa.

Korut Rayakan Ulang Tahun ke-80 Kim Jong Il Tanpa Parade Militer

Pada tahun 2014, perayaan ulang tahun Kim ditandai dengan nyanyian mantan pemain basket Dennis Rodman yang menyanyikan "Happy Birthday" untuknya di Pyongyang.

Oktober lalu, media pemerintah mengatakan negara itu akan mengadakan perayaan besar-besaran untuk ulang tahun pemimpin tahun ini. Namun, seorang pejabat Korea Utara mengatakan tak ada perayaan besar-besaran untuk hari itu. Dalam pidato Tahun Barunya, Kim mengatakan merasa cemas dan menyesal atas ketidakmampuannya untuk melayani rakyat Korea Utara.

Donald Trump Ambil Surat Cinta Kim Jong Un dari Gedung Putih

"Melihat bahwa tahun baru telah dimulai, hati saya terasa berat dengan pikiran tentang bagaimana saya dapat melayani rakyat yang terbaik di dunia yang percaya dan mendukung saya dengan solidaritas mereka, secara lebih baik dan lebih tinggi tahun ini," katanya, seperti dikutip Asian Correspondent, Senin 9 Januari 2017.

"Saya telah menghabiskan sepanjang tahun dengan penyesalan dan rasa bersalah, saya gagal mencapai apa yang telah saya rencanakan untuk rakyat. Tahun ini, saya akan memacu upaya yang lebih besar dan mencurahkan diri kepada orang-orang. "

Pengamat mengatakan Kim ingin menampilkan dirinya sebagai pemimpin yang penuh belas kasihan, meskipun belakangan ia cenderung meningkatkan kekuasaannya tahun ini.

Korut  akan menandai ulang tahun ke-75 dari almarhum ayah Kim, Kim Jong Il. Ia juga diperkirakan akan menandai tahun ke-5 sejak mengambil kekuasaan pada bulan April tahun ini, sedangkan ulang tahun ke-105 dari kakek almarhum, Kim Il Sung diperkirakan akan dirayakan pada bulan yang sama.

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya