Meriahnya Lunar New Year

Warga China berdoa menyambut datangnya tahun Ayam Jago.
Sumber :
  • REUTERS/Kim Kyung-Hoon

VIVA.co.id – Hari ini tahun baru China atau Chinese Lunar New Year dirayakan di seluruh penjuru dunia. Ratusan juta orang merayakan datangnya tahun Ayam Api.

Viral Pengunjung Mal Padati Perayaan Imlek di Bandung

Tahun baru itu secara resmi jatuh pada hari ini, Sabtu, 28 Januari 2017. Bagi kebanyakan warga China, Lunar New Year adalah satu-satunya liburan sepanjang tahun. Biasanya, perayaan tahun baru dirayakan dengan menyalakan kembang api dan petasan yang tak terhitung jumlahnya.

Menurut zodiak China, mereka yang lahir pada tahun Ayam Jantan adalah orang-orang yang berani, bertanggungjawab, dan tepat waktu.

Bikin Imlek Penuh Keberuntungan dengan 9 Bunga dan Tanaman Ini

Perayaan tahun baru Imlek 2017 di China.

Diberitakan oleh ABC, Sabtu, 28 Januari 2017, di Beijing, perayaan tahun baru China dirayakan dengan sangat meriah. Di mana lebih dari ratusan juta warga China menyalakan kembang api, dan membuat negara tersebut terasa berada dalam zona perang. Letusan petasan dan kembang api terdengar di seluruh sudut penjuru negeri, mulai dari gang-gang kecil, jalan raya, hingga taman publik.

Atraksi Barongsai Hingga Pameran Satwa Meriahkan Perayaan Imlek

Warga China menyalakan kembang api menyambut Imlek.

Namun, pemerintah kini lebih membatasi penggunaan kembang api dan petasan untuk mencegah terjadinya masalah. Jumlah petasan dan kembang api dibatasi untuk mencegah terjadinya kabut asap. Namun warga tetap diizinkan berkerumun dan merayakannya di jalan raya.

Di Hong Kong, puluhan ribu orang memadati jalanan untuk menyaksikan parade di jalan raya. Mengikuti kebiasaan lama, ratusan juta orang akan berkumpul di depan televisi untuk menonton CCTV Spring Festival Gala, sebuah acara yang berlangsung selama lebih dari empat jam dengan tampilan sandiwara, musik, dan tari.  Sejak ditayangkan pada tahun 1983, acara tersebut selalu menjadi favorit saat Lunar New Year.

Meriahnya Lunar New Year di Hong Kong.

Sementara di Australia, kawasan tepi pantai Sydney Harbour akan dihiasi oleh 12 lampion yang melambangkan zodiac dalam China. Sedangkan Sydney Opera House dan Harbour Bridge akan bermandi cahaya merah. Lebih dari satu juta orang diharapkan hadir dalam festival yang akan berlangsung selama dua pekan. Dan perayaan ini akan menjadi perayaan terbesar menyambut Lunar New Year diluar Asia. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya