30-01-1933: Adolf Hitler Jabat Kanselir Jerman

Kanselir Jerman, Adolf Hitler, yang juga pendiri Partai Nazi.
Sumber :
  • autoblog

VIVA.co.id – Hari ini 84 tahun silam. Presiden Jerman, Paul von Hindenburg menunjuk Adolf Hitler, dari Partai Pekerja Nasionalis Sosialis Jerman (Nazi), sebagai Kanselir, setara Perdana Menteri.

Pada 1932, merupakan saat-saat di mana nama Hitler menjadi sangat terkenal di Jerman, karena didorong oleh rasa frustasi masyarakat negeri itu dengan kondisi ekonomi yang suram, serta 'luka' yang ditimbulkan oleh kekalahan di Perang Dunia I melalui Perjanjian Versailles.

Mengutip situs History, sebagai seorang pembicara yang kharismatik, Hitler menyalurkan ketidakpuasan masyarakat menjadi dukungan untuk partai miliknya, Nazi. Partai berlambang swastika itu secara mengejutkan memenangi 230 kursi pemerintahan, bersama kaum komunis yang merupakan partai terbesar kedua, dan mengisi lebih dari setengah kekuasaan di Reichstag (Parlemen).

Siapakah Adolf Hitler yang Memenangkan Pemilu Lokal di Namibia?

Munculnya Hitler sebagai Kanselir menandai titik balik penting bagi Jerman, dan pada akhirnya, bagi dunia. Ia merencanakan apa yang dianut oleh sebagian besar warga Jerman adalah untuk melakukan tindakan besar melalui politik dan militer yang membuat Jerman menjadi negara kuat kembali.

Ketika resmi menjadi Kanselir, Hitler segera memerintahkan ekspansi yang cepat kepada lembaga bernama Gestapo atau polisi khusus, dengan menempatkan Hermann Goering sebagai yang bertanggung jawab atas pasukan keamanan baru yang seluruhnya terdiri dari anggota Nazi.

Adolf Hitler Menang Pemilu Lokal di Namibia

Gestapo juga bertugas untuk membungkam partai-partai yang menentang kebijakan Hitler. Sejak saat itulah Nazi menguasai Jerman dan tidak ada satu pun pihak yang bisa menghentikan langkah Hitler, hingga pecah Perang Dunia II pada September 1939.

adolf hitler

Mengenal Adolf Hitler, Meninggal Bunuh Diri Usai 36 Jam Menikah

Meninggal tak wajar, Adolf Hitler mengakhiri hidupnya sendiri. Dia meninggal bunuh diri di bunker bawah markas besarnya di Berlin

img_title
VIVA.co.id
30 April 2021