Arab Saudi Redam Hoax Skorsing Jemaah Haji RI Soal Ahok

Aksi Kampanye Anti Hoax di Jakarta beberapa waktu lalu.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Yudhi Mahatma

VIVA.co.id – Dua hari terakhir group whatsapp (WAG) dibanjiri oleh broadcast berita yang mengatasnamakan Kementerian Luar Negeri Arab Saudi. Kedutaan Besar Arab Saudi di Jakarta memastikan pesan berantai tersebut adalah kabar bohong alias hoax.

Tanggapi Berita Hoax, Depe: Setiap yang Viral, di Situ Ada Dewi Perssik!

Pesan hoax tersebut menyebutkan bahwa Kerajaan Arab Saudi memantau terus kasus dugaan penistaan agama yang sedang didakwakan atas Gubernur DKI Jakarta non-aktif, Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok. Broadcast yang beredar itu cukup panjang. Lengkap dengan sikap dan ultimatum dari “Kerajaan Arab Saudi” atas kasus tersebut.

Dalam kalimat ultimatum itu pihak yang mengatasnamakan “Kementerian Luar Negeri Arab Saudi” mengatakan akan memantau proses persidangan hingga selesa, memberikan peringatan pada pemerintah RI dalam hal ini Departemen Agama, bahwa “bila HASIL KEPUTUSAN tidak memberikan EFEK JERA, maka pemerintah Saudi akan melakukan skorsing pada jemaah haji asal Indonesia hingga dua musim berikutnya.”

Dikabarkan Meninggal Dunia, Gilang Dirga Tak Marah, Kenapa?

Pihak Kedubes Arab Saudi di Indonesia membantah broadcast tersebut. Kepala Biro Media Kedutaan Arab Saudi Jakarta, Ahmad Suryana, menegaskan bahwa berita itu hoax.

“Guna menanggapi berita hoax yang beredar seputar pernyataan di atas, Kedubes Arab Saudi di Jakarta sekali lagi menegaskan bahwa berita tersebut adalah hoax. Demikian untuk menjadi maklum.” demikian jawaban yang diberikan oleh Ahmad melalui pesan pendek saat dihubungi oleh VIVA.co.id, Sabtu 11 Februari 2017. (ren)

Heboh, Warga Tasikmalaya Diterpa Berita Hoax Kiai Tewas Bersimbah Darah
Raffi Ahmad.

Raffi Ahmad Geram Dituduh Lakukan Pencucian Uang, Begini Responnya

Raffi Ahmad lagi-lagi harus menghadapi kabar yang tidak menyenangkan. Pria yang sering disebut sebagai Sultan Andara ini dituduh terlibat dalam pencucian uang.

img_title
VIVA.co.id
2 April 2024