Hadapi Korut, Amerika Perkuat Sekutu di Asia Pasifik

Salah satu proses peluncuran rudal milik Korea Utara.
Sumber :
  • Reuters/KCNA

VIVA.co.id – Pemerintah Amerika Serikat berkomitmen memperkuat sekutu dan pengamanannya di kawasan Pasifik, untuk menghadapi setiap tindakan bermusuhan dari Korea Utara.

Meradang Dengar Misi Kim-Jong un, Militer Korsel Bikin Pasukan Anti-Nuklir Korea Utara

"Pesannya adalah kita akan memperkuat aliansi penting kami di kawasan Pasifik, sebagai strategi untuk mencegah meningkatnya permusuhan rezim Korea Utara dalam beberapa tahun terakhir," kata penasihat Gedung Putih, Stephen Miller, dilansir Reuters, Senin 13 Februari 2017.

Pernyataan ini dikeluarkan menyusul penembakan rudal tak dikenal oleh Pyongyang pada hari Minggu, 12 Februari, ke laut lepas pantai timur Semenanjung Korea. Menurut pejabat setempat, rudal ditembakkan dari wilayah barat Korut.

Korsel Membalas, Rudal Kendali Udara Teror Situs Nuklir Korea Utara

Seperti diketahui dalam sambutannya di awal tahun baru 2017, pemimpin Korut Kim Jong-un mengatakan, dalam waktu dekat akan melakukan tes rudal balistik antar benua. Media pemerintah setempat juga menuliskan, peluncuran itu bisa datang kapan saja.

Korut telah melakukan dua uji coba nuklir dan sejumlah tes yang berhubungan dengan rudal, pada tingkat yang belum pernah terjadi sebelumnya sejak awal tahun lalu. Pejabat dan ahli menyebutkan, Korut telah membuat banyak kemajuan dalam hal persenjataan.

Propaganda Korut, Foto Putri Kim Jong-un di Bawah Rudal Monster
VIVA Militer: Pemimpin Tertinggi Korea Utara, Kim Jong-un

Kim Jong-un Hilang Jelang Parade Militer Massal Korea Utara

Ini yang ketiga kali Kim tak datang ke rapat Politbiro Partai Buruh Korut.

img_title
VIVA.co.id
7 Februari 2023