21-02-1972: Presiden AS Richard Nixon Kunjungi China

Presiden AS ke-37, Richard Nixon.
Sumber :
  • Reuters Photo

VIVA.co.id – Hari ini 45 tahun silam. Presiden Amerika Serikat Richard Milhous Nixon tiba di Beijing, China. Ini merupakan kunjungan Presiden AS pertama di negara yang paling padat penduduknya di dunia.

Sri Mulyani Ungkap Belum Ada Solusi Perang Dagang China-AS

Kunjungan ini merupakan simbolis mengingat bahwa AS secara resmi menentang pemerintahan China yang berhaluan komunis sejak mengambil alih kekuasaan dari tangan nasionalis pada 1949.

Mengutip situs History, Nixon juga presiden pertama yang mengunjungi negara yang secara resmi tidak diakui oleh Amerika Serikat. Di Beijing, Nixon bertemu dengan Ketua Partai Komunis China, Mao Zedong dan Perdana Menteri Zhou Enlai.

Imbas Perang Dagang AS-China, IHSG Terkoreksi 6,16 Persen Sepekan Ini

Pada 27 Februari, saat Komunike Shanghai, Nixon dan Enlai sepakat untuk mengurangi risiko perang, memperluas kontak budaya, dan mendirikan misi dagang AS permanen di China.

Selain itu, AS mengakui kebijakan "satu China" dan setuju untuk penarikan bertahap pasukan AS dari Taiwan.

Siasati Perang Dagang AS-China, Mendag Gencarkan Bilateral

Tak hanya itu, kedua pemimpin diam-diam membahas cara-cara di mana mereka bisa bekerja sama untuk memantau kantong-kantong kekuasaan Soviet di Asia dan belahan dunia lain. Kedatangan Nixon ini sebuah langkah berpengaruh dalam menormalisasikan hubungan AS-China secara resmi.

Sebelumnya, Presiden AS ke-37 ini telah mengumumkan bahwa ia akan mengunjungi China pada 15 Juli 1971. Nixon menyebut kunjungannya ini sebagai "minggu yang mengubah dunia”. (art)

picture-alliance/dpa/A. Wong

Balas Amerika, Cina Perintahkan Penutupan Konsulat AS di Chengdu

Beijing menuntut AS menutup konsulatnya di Chengdu.

img_title
VIVA.co.id
25 Juli 2020