Intelijen Korsel Ungkap Korut Eksekusi 5 Pejabat Senior

Kim Jong-un, Pemimpin Korea Utara.
Sumber :
  • KCNA/Handout via Reuters

VIVA.co.id – Badan Intelijen Korea Selatan mengungkapkan bahwa Korea Utara telah mengeksekusi lima pejabat keamanan senior lantaran memberikan laporan yang salah kepada Kim Jong-un.

8 Aturan Aneh yang Harus Dituruti Istri Kim Jong-un, Ri Sol-ju

Pernyataan oleh Dinas Intelijen Nasional ini datang di tengah penyelidikan Malaysia terhadap kematian Kim Jong-nam, kakak tiri Kim Jong-un yang tewas diracun pada dua pekan lalu.

Mengutip situs Belfast Telegraph, Senin, 27 Februari 2017, meski penyelidikan masih berlangsung, Korea Selatan meyakini bahwa Kim Jong-un yang memerintahkan pembunuhan itu.

Korut Rayakan Ulang Tahun ke-80 Kim Jong Il Tanpa Parade Militer

Politikus Korea Selatan, Lee Cheol Woo, mengatakan bahwa lima pejabat Korea Utara di departemen baru, di mana salah satunya adalah Kepala Keamanan, Kim Won-hong, telah dieksekusi dengan senjata antipesawat karena memberi laporan palsu.

Tak diketahui laporan apa yang disampaikan kepada pemimpin Korea Utara tersebut. Namun, diduga hal ini berkaitan dengan tewasnya Kim Jong-nam di Malaysia.

Donald Trump Ambil Surat Cinta Kim Jong Un dari Gedung Putih

Mantan Direktur CIA, John Brennan, tidak ada keraguan Jong-un membunuh saudara tirinya seperti serangan-serangan yang pernah dicanangkan oleh agen intelijen Korea Utara sebelumnya.

Brennan mengatakan, pelaku menggunakan racun pembunuh syaraf, VX, untuk menghabisi Jong-nam. Semua indikator ini menunjukkan Korea Utara bertanggung jawab penuh atas kasus kematiannya. VX, Brennan melanjutkan, adalah contoh lain penggunaan jenis racun yang biasa digunakan Korea Utara.

"Ada represi brutal di dalam pemerintahan Korea Utara. Di bawah kepemimpinan Kim Jong-un banyak membunuh, dan sangat memungkinkan, mencari orang untuk dibunuh," kata Brennan.

Ia menduga, pembunuhan direncanakan oleh tangan kanan Kementerian Keamanan Negara dengan Kementerian Luar Negeri Korea Utara.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya