Gunung Berapi di Kolombia

Nevada del Ruiz Meletus 23 Ribu Orang Tewas

VIVAnews - Pada 13 November 1985, Gunung Nevado del Ruiz di provinsi Tolima, Kolombia, meletus. Letusan yang terjadi selang 150 tahun ini menyebabkan kerusakan yang sangat dahsyat. Empat kota yang berada di bawahnya terkubur abu dan longsoran lumpur. 

Kota yang terkena dampak terparah adalah Armero. Kota yang berjarak 50 kilometer dari Bogota ini hancur total karena tertimpa aliran lumpur dan reruntuhan bangunan.

Elite PAN soal PKB-Nasdem Gabung Prabowo: Ini Masih Perubahan atau Keberlanjutan? 

Lebih dari 23.000 penduduk Armero tewas. Penduduk tidak sempat menyelamatkan diri karena letusan terjadi di malam hari. Tanda-tanda akan adanya letusan sebenarnya sudah terjadi sejak beberapa bulan sebelumnya. Namun pemerintah tidak melakukan evakuasi karena menganggap kota Armero masih aman untuk ditinggali.

Letusan Gunung Nevado del Ruiz pada tahun 1985 ini merupakan letusan gunung berapi paling mematikan kedua sepanjang abad kedua puluh. Sebelumnya, Gunung Nevado telah dua kali meletus, yakni pada tahun 1595 dan 1845.

Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali

Nasib 2 Debt Collector Ambil Paksa Mobil Polisi, Kemenhub Pangkas Jumlah Bandara Internasional

Berita tentang nasib dua debt collector yang hendak mengambil paksa mobil Aiptu Fandri di parkiran salah satu pusat perbelanjaan di Kota Palembang jadi yang terpopuler.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024