Trump Siap Ajukan Aturan Baru Cegah Pengungsi

Aksi protes di AS terkait Kebijakan Imigrasi Trump.
Sumber :
  • REUTERS/Tony Gentile

VIVA.co.id – Presiden Donald Trump akan menyelesaikan peraturan baru untuk membatasi masuknya orang ke Amerika Serikat dalam beberapa hari mendatang. Hal ini dilakukan setelah pengadilan federal memblokir larangan perjalanan yang diajukan sebelumnya.

Paras Cantik Keponakan Osama bin Laden yang Beri Dukungan Donald Trump

Lebih dari dua lusin gugatan hukum telah diterima oleh pengadilan AS menentang larangan perjalanan yang dikeluarkan pada 27 Januari lalu tersebut. Peraturan itu melarang masuknya warga dari Iran, Irak, Libya, Somalia, Sudan, Suriah dan Yaman, serta menghentikan program pengungsi AS.

Larangan itu kemudian ditangguhkan oleh 9th U.S Circuit of Appeals, yang berkuasa atas kasus yang dibawa oleh negara bagian Washington. Pemerintah Trump kemudian mengatakan akan mengajukan peraturan baru menggantikan yang sebelumnya telah diberikan.

Pacar Anak Sulung Donald Trump Positif Covid-19

"Terkait hal ini, pihak perancang akan memberikan sentuhan akhir pada perintah eksekutif ini. Peraturan akan keluar dalam beberapa hari ke depan," kata Wapres AS, Mike Pence, dilansir Reuters, 2 Maret 2017.

Pada peraturan sebelumnya, sempat memicu kekacauan di bandara ketika warga pemegang kartu hijau juga ikut diblokir untuk memasuki Amerika, saat badan federal mencoba untuk mengimplementasikan pedoman baru tersebut.

Donald Trump Sembunyi di Bungker Saat Demo Besar Floyd di Gedung Putih

Berdasarkan informasi, peraturan baru ini nantinya akan menghapus Irak dari daftar negara-negara yang dilarang masuk ke AS. Sehingga nantinya hanya enam negara yang akan dilarang diantaranya Iran, Libya, Somalia, Sudan, Suriah dan Yaman.

Presiden AS Donald Trump

Hakim Tolak Gugatan Trump di Georgia dan Michigan

Tim kampanye Donald Trump soal menggugat surat suara dan kecurangan penghitungan suara di Georgia dan Michigan.

img_title
VIVA.co.id
6 November 2020