Aturan Ngawur Polisi Michigan

Ilustrasi/Perdagangan Manusia
Sumber :
  • http://www.tillhecomes.org

VIVA.co.id – Michigan menjadi satu-satunya negara di Amerika Serikat yang memiliki kekebalan hukum terhadap polisi yang bertugas. Negara ini membebaskan penuntutan pengadilan kepada polisi yang berhubungan seks dengan korban perdagangan manusia.

Paus Fransiskus Kecam Sunat Perempuan dan Perdagangan Manusia

Aturan ini diberikan kepada polisi yang bertugas melakukan penyelidikan dalam kasus perdagangan manusia di Michigan, selama proses penyelidikan masih berlangsung. Direktur Human Trafficking Clinic di University of Michigan Law School, Bridgette Carr, bekerja sama dengan representatif Gary Glenn untuk menyusun RUU, menyingkirkan hukum tersebut.

"Sejumlah komunitas penentang perdagangan manusia meluapkan marah karena Michigan mempertahankan pembebasan hukum itu," katanya, dikutip dari The Independent, Kamis 2 Maret 2017. Pembebasan ini memungkinkan polisi melakukan hubungan seks dengan para korban perdagangan manusia, tanpa harus terkena hukuman.

Kartel Narkoba Pakai TikTok untuk Rekrut Penyelundup

"Alasan hukum terstruktur seperti itu lahir karena hukum prostitusi tertulis. Jadi, penegak hukum memegang kekuatan penuh untuk menyelidiki dengan imunitas. Tidak ada yang berpikir untuk kembali dan mengukir larangan hubungan seksual," ujar Carr.

Selain itu, Carr mengungkapkan tidak ada petugas yang diajaknya berbincang, yang mengatakan mereka mengambil keuntungan dari penuntutan tersebut.

Cara Kemensos dan IOM Lindungi Korban Perdagangan Orang dari COVID-19

"Yang saya tahu dari klien saya adalah orang-orang (pengungsi) mengatakan mereka polisi, polisi (sungguhan) atau orang yang meniru polisi. Mereka tahu tentang pembebasan ini dan mengancam klien saya," ujar Carr.

Ilustrasi tubuh manusia

Desainer Indonesia Diduga Pesan Organ Manusia dari Laboratorium UEA

Nama desainer Indonesia Arnold Putra jadi sorotan setelah polisi Brasil menggelar operasi anti perdagangan manusia di Universitas Negeri Amazones (UEA), Brasil.

img_title
VIVA.co.id
24 Februari 2022