Menlu Retno Akui Kemlu Terima Pedang dari Raja Arab Saudi

Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi.
Sumber :
  • Viva.co.id/Dinia Adrianjara

VIVA.co.id – Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi mengakui, menerima cendera mata berupa pedang dari Raja Arab Saudi, Salman bin Abdulaziz Al-Saud.

6 Cinderamata KTT G20 dari Indonesia untuk Dunia

Pemberian pedang ini, saat kunjungan kenegaraan Raja Salman ke Indonesia pada 1-3 Maret 2017. Retno menjelaskan, pedang yang diberikan tersebut adalah lambang persahabatan antara Arab Saudi dan Indonesia.

Ia menerangkan, pemberian juga bentuk persahabatan antara Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia, Osama Mohammed al-Shuibi, dengan dirinya sebagai menteri luar negeri.

ASPINA Belanda Diluncurkan, Bagaimana Prospeknya bagi Ekonomi RI

"Ini lebih kepada institusi. Pedang diberikan untuk Kementerian Luar Negeri, dan bukan ke Retno Marsudi, " ujarnya, menegaskan, di Istana Negara Jakarta, Rabu, 8 Maret 2017.

Mantan Duta Besar RI untuk Belanda ini mengaku tidak ingin menyembunyikan pemberian hadiah dari raja ketujuh Arab Saudi itu. Sebab, setelah diberikan Retno memerintahkan stafnya untuk memotretnya sebagai bukti adanya pemberian tersebut.

RI Bicara Tegas di OKI Minta Tanggung Jawab Bantu Rakyat Afghanistan

"Setelah pedang diberikan, saya tutup (tempat pedangnya), lalu diserahkan ke kantor, dalam hal ini, Inspektorat Jenderal Kemlu, " kata dia.

Ketika ditanya lagi, apakah pedang itu dijadikan Barang Milik Negara (BMN), Retno mengatakan, semua sudah diserahkan ke Itjen Kemlu. (asp)

Sepeda bambu tipe Minivelo untuk para kepala negara KTT ASEAN

Kepala Negara yang Hadir di KTT ASEAN Labuan Bajo Dapat Souvenir Sepeda Bambu

Produk inovatif sepeda bambu buatan dalam negeri akan dijadikan sebagai kenang-kenangan atau cinderamata untuk para kepala negara KTT ASEAN yang hadir

img_title
VIVA.co.id
10 Mei 2023