Anak Mantan Dubes Korut Jadi Tersangka Pembunuh Jong-nam

Kim Jong-nam, kakak tiri Kim Jong-un, pemimpin Korea Utara.
Sumber :
  • Kyodo/via REUTERS

VIVA.co.id – Kepolisian Diraja Malaysia menyebutkan salah satu warga Korea Utara tersangka pembunuhan Kim Jong-nam adalah anak dari mantan Duta Besar Korea Utara untuk Vietnam, Ri Hong.

Siti Aisyah Beli Mobil Pakai Uang Hasil Menipu Ratusan Mahasiswa di Bogor

Ri Ji-hyon (33) diduga bertugas membujuk tersangka perempuan asal Vietnam bernama Doan Thi Huong (28) untuk bergabung dalam rencana pembunuhan saudara tiri pemimpin Korea Utara Kim Jong-un tersebut.

Kepala Kepolisian Diraja Malaysia, Khalid Abu Bakar, mengatakan Ji-hyon telah tinggal di Vietnam selama 10 tahun. Ia bekerja sebagai diplomat magang dan penerjemah di Kedutaan Besar Korea Utara di Hanoi selama lebih dari satu tahun.

Modus Culas Siti Aisyah Tilap Rp2,3 Miliar dari Ratusan Mahasiswa di Bogor

"Ia memanfaatkan kefasihannya berbahasa Vietnam dan berusaha membujuk Thi Huong untuk bergabung dalam plot pembunuhan Kim Jong-nam," kata Khalid, seperti dikutip situs Straitstimes, Rabu, 22 Maret 2017.

Thi Huong bersama Siti Aisyah (25), warga negara Indonesia, diduga mengusap racun saraf VX ke wajah Jong-nam. Mereka telah didakwa melakukan pembunuhan, meski membantah dan mengatakan tindakan tersebut merupakan lelucon untuk reality show.

Pergi Umroh, Pedangdut Indah Sari Panjatkan Doa Minta Ini

Ji-hyon satu dari empat tersangka Korea Utara yang meninggalkan Malaysia pada saat insiden terjadi dan diyakini telah kembali ke Pyongyang. Interpol telah mengeluarkan surat perintah pencekalan (red notice) untuk melacak dan menangkap mereka.

Tak hanya itu, Khalid juga telah meminta bantuan Kedutaan Besar Korea Utara di Kuala Lumpur untuk mewawancarai dua warga negaranya, yakni seorang karyawan maskapai penerbangan Air Koryo, Kim Uk-il, dan Sekretaris Kedua, Hyon Kwang Song. (ase)

Habib Jafar

Meriahkan Acara Final Free Fire, Habib Jafar: Main Game Boleh Asal Jangan Lupa Ibadah

Pendakwah asal Indonesia, Habib Jafar memeriahkan acara grand final Free Fire. Dalam acara tersebut, ia menyampaikan beberapa pesan kepada para gamer.

img_title
VIVA.co.id
21 April 2023