Tanah Longsor di Kolombia, 193 Orang Tewas

Longkor di Kota Mocoa, Provinsi Putumayo, Kolombia.
Sumber :
  • Twitter @FuerzaAereaCol

VIVA.co.id – Intensitas hujan lebat yang melanda Kolombia sejak Sabtu kemarin, 1 April 2017 menyebabkan tanah longsor sebelah barat daya perbatasan Provinsi Putumayo, tepatnya di Kota Mocoa. Presiden Kolombia Juan Manuel Santos menyatakan, setidaknya 193 orang tewas akibat musibah ini.

Banjir Bandang-Tanah Longsor Terjang Sumbawa, Puluhan Rumah Warga Terendam

Seperti dilansir The Telegraph, Minggu 2 April 2017, Santos menuturkan, akibat hujan lebat, air sungai meluap mendorong sedimen dan batu menerjang rumah-rumah warga.

Penduduk di wilayah bencana berjumlah 345 ribu. Selain korban tewas, sekitar 200 orang terluka. Santos mengatakan, korban hilang masih diupayakan untuk dicari. 

Kawasan ASEAN Dilanda 36 Bencana Minggu Lalu, Indonesia dan Malaysia Paling Terdampak

"Kami akan melakukan segala kemungkinan untuk membantu mereka (korban hilang), setelah mengetahui korban tewas ini menghancurkan hatiku," kata Santos.

Kini, 1.100 orang tentara dan polisi dikerahkan untuk menggali korban di dalam lumpur tanah longsor yang terhimpit bangunan.

Tanah Longsor di China, 47 Orang Terjebak di Runtuhan Bangunan
Dampak Banjir Bandang di Pesisir Selatan

BNPB: 30 Warga Sumbar Meninggal Akibat Banjir dan Tanah Longsor, 6 Hilang

Kepala BNPB Suharyanto mengatakan data terakhir bencana banjir dan longsor di Sumatera Barat, sebanyak 30 orang dinyatakan meninggal dunia dan 6 hilang

img_title
VIVA.co.id
12 Maret 2024