Korupsi, Duterte Pecat Menteri Dalam Negeri Filipina

Rodrigo Roa Duterte, mantan Wali kota Davao yang kini menjadi Presiden Filipina.
Sumber :
  • reuters.com

VIVA.co.id – Presiden Filipina Rodrigo Roa Duterte resmi memecat Menteri Dalam Negeri Ismael Sueno, karena terlibat korupsi.

Cabang Duathlon Sukses Tambah Medali Emas Indonesia

"Presiden telah memecat Menteri Dalam Negeri Ismael Sueno dengan alasan kehilangan kepercayaan," kata Juru Bicara Kepresidenan, Ernesto Abella, seperti dikutip situs Reuters, Selasa, 4 April 2017.

Ia mengatakan pemecatan ini adalah peringatan Duterte bagi menteri-menteri lain agar tidak melakukan tindakan serupa. Sueno merupakan orang yang meyakinkan mantan Wali Kota Davao itu untuk mencalonkan diri dalam pemilihan presiden 2016.

Presiden Filipina Minta Panitia SEA Games Gratiskan Tiket Pertandingan

"Tapi fakta ini tidak membuat Presiden mengesampingkan tujuannya mencapai pemerintah yang bersih dari korupsi," ujar Abella, menegaskan.

Pemecatan diambil setelah tiga deputi di bawah Sueno menudingnya menggunakan uang pemerintah untuk membangun sebuah hotel baru, mengembangkan peternakannya di Provinsi Cotabato Selatan, Filipina Selatan, hingga membeli sejumlah truk baru untuk bisnis berasnya.

Kondisi Kesehatan Presiden yang Ditakuti Gembong Narkoba Memburuk

Selain itu, ada isu bahwa pemecatan terkait dengan akuisisi properti yang Sueno lakukan tapi tidak bisa dipertanggungjawabkan. Akan tetapi, Sueno sudah melakukan pelanggaran hukum.

Ia tetap bersikeras sejumlah properti itu dimiliki oleh saudaranya. Pada Februari lalu, Sueno membantu menyelenggarakan rapat umum pro-Duterte, di mana dihadiri lebih dari 200 ribu orang, untuk melawan protes massa mengecam tuduhan pembunuhan ekstra-yudisial di bawah kampanye antinarkotika.

Presiden Filipina, Rodrigo Duterte.

SEA Games Bermasalah, Presiden Filipina Minta Maaf

Laporan soal buruknya perhelatan SEA Games kembali ditanggapi Duterte.

img_title
VIVA.co.id
2 Desember 2019