KBRI Stockholm, Swedia dan Lokasi Teror Berjarak 1,5 Km

Teror di ibu kota swedia
Sumber :
  • reuters

VIVA.co.id – Kedutaan Besar Republik Indonesia di Stockholm, Swedia, hanya berjarak 1,5 kilometer dari lokasi penabrakan dan penembakan.

Rakhmat Akilov, Pelaku Serangan Teror Truk Swedia

Direktur Jenderal Amerika dan Eropa Kementerian Luar Negeri, Muhammad Anshor, menyatakan, lokasi kejadian berada di Jalan Drottninggatan, Stockholm.

"Jaraknya cukup jauh dari tempat (KBRI) kita, 1,5 kilometer," katanya kepada VIVA.co.id, Jumat malam, 7 April 2017.

Polisi Swedia Temukan Bom di Dalam Truk

Pusat perbelanjaan Ahlens City yang berada di kawasan Jalan Drottninggatan menjadi korban serangan teror truk. Kawasan ini memang terkenal sebagai area perbelanjaan dan pejalan kaki yang ramai pengunjung.

Mayoritas bangunan di sana merupakan bangunan kuno peninggalan abad ke-15 dan ke-16 yang dilestarikan.

Pria Diduga Pelaku Teror Swedia Berasal dari Uzbekistan

Drottninggatan, yang artinya Jalan Ratu, terbentang sepanjang 3 km dari distrik Normalm hingga distrik Vasastaden di pusat kota Stockholm.

Awalnya jalan ini bernama Stora Konungsgatan, yang berarti Jalan Raja Agung. Namun, diganti menjadi nama yang sekarang untuk menghormati Ratu Christina yang berkuasa di Swedia pada 1632-1654.

Anshor juga mengatakan bahwa hingga kini pihaknya bersama KBRI Stockholm masih terus memantau situasi dan perkembangan terkini. Akan tetapi, Anshor menegaskan tidak ada warga negara Indonesia yang menjadi korban.

"Dari pantauan kami sampai saat ini tidak ada WNI yang menjadi korban," ungkap dia. Serangan teror terjadi pada pukul 15.00 waktu setempat, hari ini.

Pelaku menggunakan truk disertai penembakan untuk menyerang yang menyebabkan tiga orang tewas serta melukai delapan lainnya. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya