Desa Kuno Berusia 14.000 Tahun Ditemukan di Kanada

Antropolog Alisha Gauvreau dan kru di Triquet Island.
Sumber :
  • Hakai Institute

VIVA.co.id – Sebuah desa kuno yang diyakini menjadi salah satu pemukiman manusia tertua, ditemukan di Amerika Utara selama penggalian di sebuah pulau terpencil di British Columbia.

Demi Lolos Tes Narkoba, Wanita di AS Kirim Urine Anjing Peliharaan

Desa, yang diperkirakan berusia 14.000 tahun tersebut, ditemukan di Triquet Island, sekitar 500 kilometer barat laut dari Victoria, Kanada. Diperkirakan desa ini berusia lebih tua dari piramida di Mesir.

Para ilmuwan mengatakan dari artefak yang digali, berhasil ditemukan berbagai peralatan sejarah seperti alat untuk menyalakan api, kail ikan dan tombak seperti dari Zaman Es. Hal ini kemudian menggambarkan bagaimana peradaban dimulai di Amerika Utara pada kala itu.

Gara-gara Foto Pangkalan Angkatan Laut AS, Pria Tiongkok Ditahan

Alisha Gauvreau, seorang mahasiswa bidang antropologi di University of Victoria dan seorang peneliti di Hakai Institute yang mendukung tim arkeologi, turut mengambil bagian dalam penggalian ini.

"Apa yang kita temukan dan lakukan hari ini sangat mengubah pandangan dan ide kita tentang bagaimana Amerika Utara pertama kali dihuni," katanya, seperti dikutip Independent. Para ahli meyakini, migrasi besar manusia mungkin terjadi di garis pantai British Columbia.

Pria Berjanggut Merampok Bank, Sebar Uang, dan Teriak 'Selamat Natal'

Tapi penemuan itu juga sesuai dengan sejarah lisan dari Heiltsuk Bangsa, pemerintah Bangsa Pertama di British Columbia. Menurut tradisi lisan Heiltsuk, cerita dari desa-desa pesisir kuno telah diwariskan dari generasi ke generasi.

Seorang petani telah menemukan sisa-sisa fosil empat armadillo purba prasejarah

Petani Temukan Hewan Purba Glyptodon Seukuran Mobil

Hewan purba Glyptodon hidup 20 juta tahun lalu.

img_title
VIVA.co.id
24 Februari 2020