Amerika Tegaskan Sanksi Lawan Korea Utara

Kim Jong-un, pemimpin Korea Utara
Sumber :
  • REUTERS/KCNA

VIVA.co.id –  Amerika Serikat semakin menunjukkan sikap tegasnya atas tindakan agresif Korea Utara di Semenanjung Korea, yang kerap melakukan uji coba nuklirnya.

Korut Rayakan Ulang Tahun ke-80 Kim Jong Il Tanpa Parade Militer

Selain mengirimkan kapal perang raksasanya, Trump kemungkinan besar akan menjatuhkan sanksi ekonomi yang lebih keras. Menurut beberapa pejabat AS, Trump akan memberlakukan embargo minyak, pelarangan maskapai penerbangan, mencegat kapal kargo dan memberikan sanksi atas bank China yang melakukan bisnis di Pyongyang.

Presiden Donald Trump telah menyetujui berbagai pendekatan awal atas Korea Utara, dan meminta tim keamanan nasional untuk mengkaji kerangka lebih lanjut. Hal ini ditujukan untuk memberikan sanksi internasional terbaru dan melawan program nuklir Pyongyang.

Donald Trump Ambil Surat Cinta Kim Jong Un dari Gedung Putih

"Ada berbagai hal yang mungkin bisa dilakukan, melalui semua jalur yang pada dasarnya bertujuan untuk mengkarantina perdagangan di Korea Utara," kata pejabat yang tak disebutkan namanya, seperti dilansir Reuters, Kamis 13 April 2017.

Pejabat tersebut juga mengatakan, pemerintah sedang mempertimbangkan berbagai sanksi yang akan diterapkan, untuk meghentikan tindakan konfrontatif Korea Utara. Beberapa tindakan tersebut akan diterapkan baik itu secara sepihak, melalui PBB, di mana China juga memiliki hak veto dalam Dewan Keamanan PBB.

Laporan PBB: Program Rudal Nuklir Korut Didanai dari Pencurian Kripto

Pada penerapannya, sanksi ekonomi AS atas Korut tersebut antara lain embargo pasokan minyak ke Korea Utara, larangan penerbangan terhadap Air Koryo, dan larangan kargo Korea Utara di laut lepas.

PBB juga bisa melarang penggunaan tenaga kerja kontrak asal Korea Utara di luar negeri, dan memperluas pembatasan ekspor batu bara Korea Utara menjadi sebuah pelarangan total.

Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un dan istrinya Ri Sol Ju,

8 Aturan Aneh yang Harus Dituruti Istri Kim Jong-un, Ri Sol-ju

Ada beberapa aturan aneh yang wajib dituruti oleh Ibu Negara Korea Utara, Ri Sol Ju. Tidak seperti istri dari pemimpin negara pada umumnya.

img_title
VIVA.co.id
22 Februari 2022