21-04-1945: Uni Soviet Berhasil Menembus Ibu Kota Jerman

Pasukan Uni Soviet.
Sumber :

VIVA.co.id – Hari ini 72 tahun silam. Pasukan Uni Soviet berhasil merangsek ke ibu kota Jerman, Berlin. Kekuatan Nazi berada di titik nadir lantaran pasukan Hitler terus terdesak mundur.

Kisah Atlet Yahudi Membela Jerman di Era Nazi

Mengutip situs History, satu-satunya pasukan yang berani mengadang kekuatan Soviet adalah "Hitler Youth", yang merupakan kelompok remaja yang didoktrin harus setia kepada Hitler hingga akhir hayat.

Pasukan muda belia ini dilengkapi dengan senjata antitank. Mereka dijadikan "tameng" dengan ditempatkan di wilayah strategis, seperti taman dan pinggiran jalan raya kota.

Heboh Rekaman Pidato Hitler Diputar di Dalam Kereta

Dalam pertempuran di Eggersdorf, sebanyak 70 anggota Hitler Youth mati-matian menahan serangan Soviet hanya dengan perbekalan tiga senjata antitank.

Tak imbang, mereka pun mati sia-sia akibat dibuldoser tank dan pasukan infanteri Tentara Merah. Soviet menyerang ibu kota Jerman itu dari tiga penjuru, utara, timur, dan tenggara.

Perhiasan Era Nazi Mau Dilelang, Yahudi Berang

Sementara itu, pasukan Sekutu pimpinan Amerika Serikat dan Inggris mendekati Berlin bagian barat. Setelah digempur habis-habisan tembakan artileri dari tentara Soviet, Berlin akhirnya jatuh.

Soviet melenggang ke basis kekuatan Nazi tanpa perlawanan berarti. Sinyal Perang Dunia II bakal berakhir. (mus)

VIVA Militer: Laksamana John Aquilino

Jiper, Komandan Armada Perang Amerika Anggap China Lebih Ganas dari Nazi

Dengan kekuatan perangnya, China mampu mengubah tatanan dunia.

img_title
VIVA.co.id
26 Maret 2024