Sempat Ada Peringatan Gempa Sangihe Berpotensi Tsunami

Seismograf, alat pencatat pergerakan gempa bumi
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Rudi Mulya

VIVA.co.id – Sebuah gempa besar berkekuatan 7,2 Skala Richter, yang kemudian diralat oleh Badan Survei Geologi Amerika Serikat (USGS) menjadi 6,8 SR melanda lepas pantai Pulau Mindanao, Filipina, atau 210 km Barat Laut Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara pada Sabtu, 29 April 2017. Gempat sempat berpotensi menimbulkan tsunami.

Gunung Ruang Erupsi, Pemkab Sitaro Tetapkan Tanggap Darurat Selama 14 Hari

Bahkan, Pusat Peringatan Tsunami Pasifik mengatakan bahwa gelombang tsunami itu bisa sampai ke Indonesia.

Dilansir dari laman Reuters, gelombang berbahaya itu bisa menyebar sejauh 300 kilometer dari pusat gempa, yang berada di laut selatan kota General Santos.

Badan Geologi: Potensi Tsunami Akibat Gunung Ruang Bisa Setinggi 25 Meter

Sebelumnya diberitakan, gempa berkekuatan 6,8 SR melanda Filipina pada Sabtu, 29 April 2017. Namun, USGS menyatakan belum ada laporan mengenai korban jiwa atau kerusakan akibat bencana tersebut.

Dilansir dari The Telegraph, USGS melaporkan bahwa gempa terjadi pada kedalaman 41 kilometer (25 mil) di Mindanao atau lebih dari 700 kilometer tenggara Ibu Kota Manila.

BMKG 'Tak Berkedip Mata' Pantau Potensi Tsunami Imbas Erupsi Gunung Ruang

Pusat Peringatan Tsunami Pasifik memperingatkan gelombang tsunami yang berbahaya dimungkinkan melanda lepas pantai Filipina dan Indonesia.

Gunung Ruang di Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro), Sulawesi Utara, terpantau diselimuti awan kabut dari atas KM Bimasena yang digunakan oleh Tim Kantor SAR Manado mengevakuasi warga setempat, Rabu, 18 April 2024.

BMKG Sebut Erupsi Gunung Ruang di Sulut Berpotensi Tsunami: Ada Catatan Sejarahnya

BMKG mengingatkan warga agar mewaspadai potensi terjadinya tsunami akibat erupsi Gunung Ruang di Kabupaten Kepulauan Kabupaten Sitaro, Sulut

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024