Terorisme di Indonesia Bergantung dari Dinamika Timur Tengah

Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian.
Sumber :
  • Daru Waskita/Yogjakarta/VIVA.co.id

VIVA.co.id – Kepala Kepolisian RI, Jenderal Tito Karnavian, mengungkapkan terorisme yang terjadi di Tanah Air tak bisa dilepaskan dari situasi di Timur Tengah. Itu sebabnya terorisme di Indonesia hingga kini masih jadi ancaman nasional.

Pemkab Tangerang Benarkan PNS Mereka Ditangkap Densus

"Dan tekanan-tekanan yang ada terhadap ISIS di Suriah dan Iraq – baik dari pemerintah Suriah maupun Irak, maupun koalisi Barat dan Rusia – telah membuat apa yamg disebut fenomena desentralisasi," kata Tito saat rapat dengan Komisi III di gedung DPR, Selasa 23 Mei 2017.

Desentralisasi yang ia maksud yaitu adanya upaya untuk mengekspor para pelaku ini ke luar negeri atau ke daerahnya masing-masing di negara masing-masing. Sehingga operasi ISIS tak lagi hanya di Suriah dan Iraq.

IDI Sukoharjo Minta Kasus Sunardi Tak Dikaitan dengan Profesi Dokter

"Initinya terorisme ini masih bergantung pada dinamika di Timur Tengah. Jadi selagi dinamika ISIS terus berlanjut maka dinamika di Indonesia mesih terus berlanjut," kata Tito.

Mantan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme itu menyebutkan, dari total sekitar 600 warga negara Indonesia yang ikut kegiatan terorisme dan keluar negeri, hampir sebagian sudah kembali. Sisanya meninggal dan mengalihkan tujuan membuat negara Islam versi mereka sendiri. (ren)

Munarman Tertawakan Tuntutan 8 Tahun Penjara: Kurang Serius
Sumber : medium.com (Nigeria deserve and should be better)

Bantu Perangi Terorisme di Afrika, Adakah Niat Terselubung Amerika?

Pemberontakan yang berulang di Nigeria Utara merupakan hasil dari lingkungan politik Nigeria.

img_title
VIVA.co.id
20 Desember 2023