Demi Anak, Obama Beli Rumah Rp105 Miliar

Di jalan inilah Obama membeli rumah seharga 105 miliar rupiah.
Sumber :
  • Independent/Andrew Buncombe

VIVA.co.id – Mantan Presiden Amerika Serikat, Barack Obama, membeli sebuah rumah dengan harga jual yang fantastis, sekitar Rp105 miliar. Rumah itu adalah sebuah rumah yang selama ini ia sewa.

Warga Indonesia di AS Ikut Waswas Jelang Pelantikan Joe Biden

Rumah yang sebelumnya ia sewa itu adalah sebuah rumah dengan model klasik, memliki sembilan kamar tidur dan 8,5 ruang kamar mandi. Menurut catatan sindikasi penjual properti, rumah yang dibeli Obama itu mencapai harga sekitar 8,1 juta dolar AS atau sekitar Rp105 miliar.

Juru bicara keluarga Obama, Kevin Lewis, mengonfirmasikan pembelian rumah itu. "Karena keluarga Obama masih akan tinggal di Washington selama 2,5 tahun ke depan, maka mereka memutuskan untuk membeli rumah tersebut daripada meneruskan menyewa rumah," ujar Kevin, seperti dikutip dari BBC, 2 Juni 2017.

Barack Obama Klaim AS Kini Lebih Terpecah-Belah

Rumah tersebut berdinding batu dengan luas sekitar 770 meter persegi. Seluruh area rumah dibentengi oleh tembok sehingga publik tak bisa dengan mudah memasukinya. Seluruh area juga dijaga oleh pasukan Secret Service.

Obama masih memiliki rumah di Chicago, namun keluarga ini memutuskan tinggal di Washington hingga anak bungsu mereka Sasha yang baru berusia 15 tahun menyelesaikan sekolahnya. Rumah tersebut mereka beli dari mantan Sekretaris Pers Bill Clinton, Joe Lockhart, yang membeli bangunan tersebut pada tahun 2014 dengan harga sekitar 5,3 juta dolar AS atau sekitar Rp68,9 miliar.

Barack Obama Sebut Tuduhan Kecurangan Pilpres AS Lemahkan Demokrasi

Rumah Obama berlokasi tak jauh dari rumah pendiri Amazon Jeff Bezos, yang kini juga menjadi pemilik koran The Washington Post. Obama juga bertetangga dengan anak Donald Trump, Ivanka Trump dan suaminya, Jared Kushner, yang kini menjadi penasihat utama Gedung Putih.

Menteri Luar Negeri Rex Tillerson juga menjadi salah satu tetangga Obama. Ia membeli rumah di area tersebut pada Februari lalu.

Obama telah melakukan perjalanan keliling dunia sejak meninggalkan Gedung Putih pada Januari. (one)

Patrick Semasky/REUTERS

Resmi Dilantik, Joe Biden Serukan Persatuan dan Akhiri Perang

Dalam pidatonya, Joe Biden mengatakan demokrasi sangat berharga, tapi juga rapuh. AS sedang menghadapi saat yang penuh ujian.

img_title
VIVA.co.id
21 Januari 2021