Mesir Ikut Putuskan Hubungan dengan Qatar

Militer Mesir tengah berkonvoi
Sumber :
  • REUTERS/Stringer

VIVA.co.id – Menyusul Arab Saudi, Uni Emirat Arab, dan Bahrain, Mesir juga mengumumkan pemutusan hubungan diplomatik dengan Qatar.

Aksi Tegas! Bolivia Putuskan Hubungan Diplomat dengan Israel

Sebuah pernyataan yang disampaikan oleh juru bicara resmi dari Kementerian Luar Negeri Mesir mengatakan, mereka mengambil keputusan tersebut pada Senin, 5 Juni 2017. "Mengingat desakan pemerintah Qatar untuk mengambil sikap anti-Mesir dan kegagalan semua upaya untuk mencegah negara tersebut mendukung organisasi teroris," demikian pernyataan yang disampaikan Kementerian Luar Negeri Mesir seperti dikutip dari Al Arabiya, 5 Juni 2017.

Mesir menuduh pemerintah Qatar mendukung kelompok Ikhwanul Muslimin, yang selama ini telah dianggap sebagai kelompok teroris. "Qatar telah mempromosikan ideologi al-Qaeda, dan memberikan dukungan kepada ISIS dan operasi teroris di Sinai. Qatar telah berkeras untuk mencampuri urusan dalam negeri Mesir dan negara-negara di kawasan tersebut dengan cara yang mengancam keamanan nasional Arab dan mempromosikan benih hasutan dan perpecahan di dalam masyarakat Arab," bunyi pernyataan tersebut.

Demo Turunkan Presiden, Ratusan Orang Ditangkap

"Ini dilakukan untuk kepentingan keamanan nasional Mesir, dan negara akan mengambil tindakan yang diperlukan untuk menjaga persahabatan dan persaudaraan di Arab."

Mesir juga langsung mendeklarasikan, negara mereka akan segera menutup jalur udara dan pelabuhan dari Qatar. (mus)

Imam Besar Al-Azhar: Rangkul Kristen, Jangan Gunakan Istilah Minoritas
VIVA Militer: Bendera Israel

5 Negara Putus Hubungan dengan Israel, Ada Negara NATO

Tragedi kemanusiaan yang terjadi di jalur Gaza membuat banyak negara memikirkan ulang mengenai hubungan diplomatiknya dengan Israel. Negara apa saja yang putus hubungan?

img_title
VIVA.co.id
8 November 2023