Bocah Suriah Omran Daqneesh, Kini Kembali Sehat dan Bersih

Omran Daqnessh, bocah Suriah saat terluka akibat bom dan kondisi terkininya.
Sumber :
  • The Telegraph

VIVA.co.id –  Sebuah foto kondisi terbaru Omran Daqneesh beredar. Kondisinya sangat jauh berbeda dengan foto, ketika ia menjadi korban bom di Suriah.

Kisah Sedih Gadis Kecil Suriah Berkaki Kaleng Sarden

Agustus tahun lalu, foto Omran yang duduk terdiam di kursi ambulans dengan wajah yang penuh debu dan darah, membetot perhatian dunia. Bocah berusia tiga tahun itu, lalu menjadi simbol penderitaan anak-anak Suriah, akibat perang saudara yang tak kunjung usai.

Fotonya yang mengenaskan mengundang simpati, sekaligus kemarahan publik di seluruh dunia.

Polisi Tepis Klaim ISIS Dalangi Kerusuhan di Tahanan Brimob

Tetapi, kondisi Omran tahun lalu kini jauh berbeda. Sebuah foto terbaru Omran yang terpublikasi, mungkin bisa membuat publik lega. Omran, seperti dikutip dari The Telegraph, Rabu 7 Juni 2017, kini sudah kembali sehat dan bersih. Di foto terbaru, ia duduk di pangkuan ayahnya.

Tahun lalu, foto Omran diijadikan simbol kekejaman rezim Assad, saat tentara pemerintah menyerbu Aleppo untuk mengusir pemberontak. Tapi keluarga Omran, seperti banyak keluarga lain yang tinggal di wilayah Timur Aleppo, yang dikuasai pemberontak, dikabarkan tetap loyal pada pemerintah dan mendukung Bashar Assad melakukan penyerbuan di Aleppo.

Rusia Kutuk Agresi Militer AS dan Sekutu ke Suriah

Mereka menolak seluruh wawancara media dan dilaporkan ikut berpindah ke wilayah Barat Aleppo yang dikuasai pemerintah. Awal bulan ini, keluarga Omran bersedia di wawancara oleh media pro pemerintah dan sebuah saluran televisi Lebanon.

Dalam salah satu wawancara, ayah Omran mengatakan, kelompok pemberontak dan sejumlah media Barat, sangat ingin menggunakan anaknya untuk menyerang pemerintahan Bashar Assad. (asp)

Presiden AS, Donald Trump sedang berbicara melalui telepon.

Turki Gencatan Senjata Permanen di Suriah, Trump Akhirnya Cabut Sanksi

Turki sepakat menghentikan pertempuran di Suriah

img_title
VIVA.co.id
24 Oktober 2019