Menteri Pendidikan Saudi Larang Buku Karya Yusuf Qaradawi

Ilustrasi perpustakaan.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Menteri pendidikan Arab Saudi telah memerintahkan agar karya Yusuf al-Qaradawi dihapus dari kurikulum sekunder dan universitas. Perintah penghapusan itu dilakukan setelah ulama Mesir garis keras itu dicatat sebagai salah satu dari 59 ulama pro-teroris dan berhubungan dengan Qatar.

Demo Turunkan Presiden, Ratusan Orang Ditangkap

Menteri Pendidikan Arab Saudi Dr. Ahmed bin Mohammed Al-Issa memberi perintah untuk memastikan bahwa tidak ada buku dan tulisan Qaradawi di perpustakaan universitas, perguruan tinggi, sekolah dan departemen pendidikan. Jika masih ada, kata menteri tersebut, pihak berwenang akan memastikan penarikannya.

Tulisan Qaradawi juga akan dilarang diterbitkan di masa depan, karena dianggap berbahaya bagi pemikiran para siswa."Perlu kepekaan untuk melihat pentingnya penarikan ini," ujar Dr. Ahmed bin Mohammed Al-Issa seperti dikutip dari Al Arabiya, 12 Juni 2017.

Imam Besar Al-Azhar: Rangkul Kristen, Jangan Gunakan Istilah Minoritas

Kementerian Pendidikan Arab Saudi telah melarang buku-buku dari partai dan intelektual yang terkait dengan pemikiran-pemikiran yang berbahaya dan ekstremis. Kementerian juga telah menginformasikan kepada kepala sekolah negeri dan swasta untuk mencegah masuknya buku atau publikasi ke perpustakaan sekolah di pusat pembelajaran melalui sumbangan, asosiasi, atau orang tua, kecuali jika disetujui oleh Badan Urusan Sekolah.

Otoritas pendidikan juga memutuskan untuk membentuk sebuah komite di masing-masing departemen kementerian untuk melakukan tur sekolah untuk memastikan bahwa mereka bebas dari buku-buku yang melanggar peraturan. Mereka juga menekankan pentingnya pemilihan pejabat untuk mengelola sumber pembelajaran dari profesional yang handal dan berpengalaman dengan pemikiran moderat. (mus)

Presiden Mesir Resmikan Masjid dan Gereja Terbesar di Timur Tengah
Tangkapan layar (screenshot) foto yang memperlihatkan sosok Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan mantan presiden PKS Hidayat Nur Wahid berfoto bersama ulama terkemuka asal Mesir, Yusuf al-Qaradawi.

Cek Fakta: Anies Baswedan Berfoto Bersama Ulama Ideolog ISIS

Yusuf Qaradawi pernah mengecam deklarasi khilafah yang digaungkan ISIS

img_title
VIVA.co.id
21 Juli 2020