Korea Utara Bebaskan Mahasiswa AS dalam Keadaan Koma

Otto Warmbier yang ditahan di Korea Utara. Ia dikembalikan ke AS dalam kondisi koma, dan akhirnya tewas.
Sumber :
  • Reuters

VIVA.co.id – Mahasiswa asal Amerika Serikat bernama Otto Warmbier dibebaskan dari tahanan di Korea Utara setelah mengalami koma selama satu tahun terakhir. Menteri Luar Negeri AS mengatakan bahwa pria berusia 22 tahun itu kini sedang dalam perjalanan kembali ke AS.

PM Jepang Berencana Perbaiki Hubungan dan Bertemu dengan Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un

Dilansir laman BBC.com, Selasa 13 Juni 2017, keluarga Warmbier mengatakan bahwa mereka mengetahui Otto mengalami koma tak lama setelah didakwa pada Maret 2016. Dia dihukum 15 tahun penjara oleh pemerintah Korea Utara dengan tuduhan mencuri informasi dan propaganda dari sebuah hotel di negara itu.

Otto Warmbier adalah mahasiswa ekonomi dari Universitas Virginia, Amerika Serikat yang berasal dari Cincinnati, Ohio. 

Korea Selatan Yakin Putri Remaja Kim Jong Un Akan Jadi Penerus sang Diktator

Dia pada Januari 2016 berkunjung ke Pyong Yang sebagai turis melalui jasa perjalanan Young Pioneer Tours. Otto kemudian ditahan otoritas setempat pada 2 Januari 2016.

Dia lalu dihukum bekerja secara paksa selama 15 tahun di Korea Utara. Diketahui bahwa Korea Utara memang bukan sekali dua kali menahan warga asing yang dianggap mencuri informasi.

Menlu AS Kunjungi Korea Selatan, Korea Utara Langsung Pamer Tembak Rudal Balistik ke Perbatasan

Sementara itu, para tahanan dan eks tahanan asing mengatakan bahwa mereka sangat di bawah tekanan pada saat menjalani hukuman di negara pimpinan Kim Jong-un itu.

Kebersamaan Vladimir Putin dan Kim Jong Un

Negara Sahabatnya Diserang Teroris, Kim Jong Un: Korea Utara Bersama Rusia

Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un mengirim belasungkawa dan pesan simpati kepada sang sahabat, Presiden Rusia Vladimir Putin, atas pembantaian dan aksi terorisme yang

img_title
VIVA.co.id
26 Maret 2024