4-7-1776 : Amerika Serikat Deklarasikan Kemerdekaan

Bendera Amerika Serikat
Sumber :
  • feelgrafix.com

VIVA.co.id – Hari ini, 240 tahun yang lalu, Amerika Serikat menyatakan kemerdekaannya dari penjajahan Inggris. Hari ini, 13 koloni Inggris di Amerika menyatakan memisahkan diri dari Inggris dan membentuk satu negara baru, Amerika Serikat.

Amerika Serikat Sita 13 Ton Rambut Impor dari Xinjiang

Dikutip dari History, perjuangan menuju kemerdekaan sudah dimulai sejak April 1775. Ketika itu pecah pertempuran Perang Revolusi AS, dan saat itu belum semua koloni menyatakan keinginannya untuk bebas dari penjajahan Inggris. Tapi, kondisi hubungan yang semakin memanas dengan Inggris dan menyebarnya semangat memerdekakan diri membuat banyak koloni akhirnya bergabung dalam keinginan merdeka dan memisahkan diri dari Inggris.

Situasi mencapai puncaknya ketika pada 2 Juli 1776, 13 koloni Inggris di Amerika, yaitu New Hampshire, Massachusetts, Rhode Island, Connecticut, New York, New Jersey, Pennsylvania, Delaware, Maryland, Virginia, North Carolina, South Carolina, dan Georgia, memutuskan untuk berpisah dari Inggris, induk mereka.

Update Corona di Dunia: 10,1 Juta Orang Terpapar, 502.998 Meninggal

Dua hari kemudian, dokumen kemerdekaan, Declaration of Independent, yang disusun oleh Thomas Jefferson, disetujui dan akhirnya diadopsi oleh perwakilan koloni. Dokumen yang disepakati 13 koloni itu akhirnya menjadi milestone sebagai lahirnya Amerika Serikat.

Sejak itu, setiap tahun pada tanggal 4 Juli, Amerika Serikat akan merayakan hari kemerdekaan mereka. Pengibaran bendera AS, menyanyikan lagu kebangsaan The Star Spangled Banner, dan perayaan bersama keluarga, teman, dan kolega tak dilewatkan oleh warga AS. Pesta kembang api biasanya menjadi acara meriah yang paling ditunggu warga AS. (ase)

Amerika Serikat Batasi Visa bagi Pejabat China
Ilustrasi pistol.

Anak 8 Tahun Tewas Akibat Penembakan di Mal Alabama AS

Tiga orang lainnya terluka dalam penembakan tersebut.

img_title
VIVA.co.id
4 Juli 2020