Pidato Presiden Yudhoyono di Harvard

Sembilan Jurus SBY untuk Dunia Baru

VIVAnews - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menawarkan sembilan  hal untuk menciptakan harmoni diantara peradaban. Mengapa sembilan? "Terus-terang saja, karena angka sembilan adalah angka keberuntungan saya," kata SBY, yang disambut tawa oleh sekitar 800 orang yang hadir di acara ceramah umum di Kennedy School of Government, Harvard University.

SBY mengawali ceramahnya dengan melemparkan canda, termasuk mengatakan bahwa kendati dia tak pernah studi di Harvard, tapi sejumlah menteri dan pejabat di pemerintahan, termasuk putranya yang anggota TNI, Kapten Agus Harimurti, menimba ilmu di Harvard. "Mereka yang sekolah di Harvard, akhirnya bekerja untuk saya," kata SBY, yang lagi-lagi disambut meriah para mahasiswa.

Sembilan usulan yang ditawarkan SBY untuk menciptakan harmoni diantara peradaban dan bangsa di dunia, serta membangun kesepahaman antara dunia Barat, atau Amerika Serikat, dengan dunia Islam.

Hal pertama adalah penggunaan soft power alias diplomasi dan perundingan ketimbang mengedepankan hard power alias pendekatan militer. Apa yang dilakukan oleh Indonesia dalam mencapai perdamaian di Aceh adalah contoh nyata sukses yang diraih Indonesia. Hal kedua adalah mengintensifkan dialog.

Sejumlah dialog yang terjadi, mulai dari dialog diantara peradaban, Global Intermedia Dialogue, dan bentuk dialog antar agama lainnya adalah cara yang lebih ampuh untuk menyamakan persepsi, dan menjembatani perbedaan. Di dalam negeri hal itu terjadi dengan tercapainya perdamaian setelah koflik berkepanjangan di Poso dan Maluku yang sempat menjadi konflik agama.

Berikutnya adalah mencoba menemukan solusi konflik politik yang telah membuat jurang perbedaan antara dunia barat dan dunia Islam, menpromosikan suara moderat di masyarakat kita, mendorong multikultural dan toleransi, memastikan globalisasi dapat berfungsi dan bermanfaat buat semuanya, mereformasi tata kelola lembaga internasional,  pendidikan dan kepedulian global terhadap berbagai problem yang dihadapi antar bangsa.

Seolah merespon pidato Presiden Barack Obama ke dunia muslim di Universitas Kairo pertengahan tahun ini, yang menawarkan "a new beginning" antara  AS dan dunia Islam,  Presiden SBY yang mewakili negara berpenduduk muslim terbesar di dunia menawarkan " Reinvent A New World".

Dunia baru yang dimaksud adalah dunia baru yang mendasarkan diri pada sembilan hal yang disebut SBY dapat mendukung terciptanya harmoni diantara peradaban dunia.

Ekonomi Tumbuh 5,6% di 2024, Pemprov DKI Yakin Bisa Atasi Inflasi
Pemain Real Madrid, Joselu

Man Utd Incar Penyerang Tua yang Bela Real Madrid

Manchester United tertarik pada penyerang tengah yang musim ini bermain untuk Real Madrid, Joselu. Man Utd sedang berupaya mencari celah guna mendapatkan pemain buruannya

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024