Cokelat Gambar Wajah Jokowi, Hadiah dari Ibu Negara Turki

Presiden Jokowi saat menerima coklat bergambar wajahnya dari Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan. Coklat itu adalah buah tangan dari Ibu Negara Turki Emine Erdogan.
Sumber :
  • Viva.co.id/Agus Rahmat

VIVA.co.id –  Kunjungan bilateral Presiden Joko Widodo ke Turki, adalah balasan dari kunjungan Presiden Recep Tayyip Erdogan ke Indonesia pada 2015 lalu. Pertemuan berlangsung akrab. Bahkan, Jokowi mendapat hadiah spesial dari istri Presiden Erdogan, Emine Erdogan. Hadiah itu berupa sekotak besar cokelat bergambar foto-foto Presiden Jokowi.

Potret Hangat Presiden Turki Erdogan dan Pemimpin Hamas Ismail Haniyeh Saat Bertemu di Istanbul

Kepala Biro Pers Media dan Informasi Sekretariat Presiden Bey Machmudin mengakui kalau cokelat itu adalah buatan Ibu Negara Turki, Emine dan spesial untuk Jokowi. "Iya betul (foto Jokowi dari cokelat yang dibuat istri Erdogan)," kata Bey, Jumat 7 Juli 2017.

Dari foto yang dirilis Biro Pers Istana, Erdogan terlihat memberi cokelat yang diletakkan dalam wadah ke Presiden Jokowi. Mendapat hadiah itu, Presiden Jokowi yang menggunakan peci hitam nampak tersenyum. Begitu juga Iriana, yang mengenakan kerudung ungu. Sementara Ibu Negara Turki, Emine, menggunakan setelan baju putih dan berjilbab, menyaksikan pemberian tersebut.

Erdogan: Selama Masih Hidup, Saya Akan Terus Bela Perjuangan Palestina

Selain melakukan pertemuan bilateral untuk membahas perdagangan dan investasi, serta industri kedirgantaraan, Presiden Jokowi yang didampingi Ibu Negara Iriana, juga melakukan kunjungan ke sejumlah tempat. Diantaranya mengunjungi Masjid Kocatepe yang terletak di Ankara. Masjid ini sebagai masjid terbesar.  Jokowi diterima langsung oleh Presiden Urusan Agama Kepresidenan Turki (Diyanet) Mehmet Gormez dan Imam Besar Masjid Mehmed Atici.

Setibanya di masjid, Presiden langsung melaksanakan salat tahiyyatul masjid. Di dalam masjid itu telah berkumpul 17 ulama terkemuka Turki. Salah satu dari ulama tersebut melantunkan ayat suci Alquran dan selawat Nabi.

Pertama Dalam 20 Tahun, Partai Presiden Erdogan Kalah dalam Pilkada Turki

"Hubungan kami dengan Menteri Agama Indonesia, terutama saat kami bertemu ketika menjalankan ibadah haji. Dalam waktu dekat kami akan berkunjung ke Indonesia," ucap Gormez.

Gormez menjelaskan bahwa Islam adalah agama yang menentang hal-hal anarkis. "Kami juga sangat senang Bapak telah berkunjung ke Turki. Kami berharap hubungan dengan alim ulama di Indonesia bisa lebih dekat lagi," kata Gormez.

Dalam kesempatan itu, Presiden Jokowi memberikan hadiah Alquran, kopiah, dan sarung kepada Presiden Urusan Agama Kepresidenan Turki (Diyanet) dan Imam Besar Masjid.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya