Gudang Rahasia Penyimpanan Senjata AS di Suriah Ditemukan

Satu keluarga melewati salah satu sudut kota di Suriah yang hancur.
Sumber :
  • REUTERS/Abdalrhman Ismail

VIVA.co.id – Pasukan pemerintah Suriah menemukan sebuah gudang penyimpanan berisi lebih dari 30 sistem rudal anti-tank milik Amerika Serikat di Provinsi Latakia, selama operasi berlangsung.

Ledakan Terdengar di Irak hingga Suriah Imbas Serangan Israel ke Iran

Komandan pasukan, Jenderal Rafi Muhammad Magdi mengatakan bahwa pasukan pemerintah juga berhasil menjinakkan 800 perangkat peledak bertenaga tinggi di 11 pemukiman di Provinsi Latakia sejak awal Juli.

"Sejak awal bulan ini kami telah membersihkan 11 permukiman di daerah pegunungan Latakia. Lebih dari 800 perangkat peledak bertenaga tinggi telah dijinakkan sejak militan meninggalkan wilayah tersebut," kata Magdi seperti dikutip dari Sputniknews, Senin 17 Juli 2017.

Iran Ancam Yordania Jadi Target Berikutnya Jika Bantu Israel

Magdi mengatakan, selama operasi pembersihan, pasukan tersebut menemukan penyimpanan lebih dari 30 rudal anti-tank AS. Tidak ada pasukan yang terluka dalam operasi tersebut karena setiap anggota telah menjalani
pelatihan di Russian Armed Forces International Mine Action Center.

Pusat pelatihan yang dibuka sejak akhir Januari lalu tersebut bertujuan untuk melatih para pencari ranjau dan menyediakan semua peralatan yang diperlukan untuk menetralisir wilayah pascaperang.

Serangan Balasan Iran kepada Israel Berkaitan dengan Kedaulatan Negara, Menurut Pakar

Rusia, Iran dan Turki adalah penjamin gencatan senjata di Suriah. Negara-negara tersebut menandatangani memorandum tentang pembentukan empat zona aman di Suriah.

Empat zona tersebut melintasi Provinsi Idlib di barat laut dan di Balatakia, Hama dan Aleppo, sebelah utara Provinsi Homs, Ghouta timur dekat Damaskus serta daerah selatan Daraa dan Quneitra.
 

Presiden Iran Ebrahim Raisi dan komandan militernya

Daftar Negara Sekutu Iran yang Siap Bantu Jika Perang Terjadi, Ada China hingga Rusia

Akhir pekan lalu Iran melayangkan serangan balasan terhadap Israel usai menyerang konsulat Iran di Suriah. Kini, ada beberapa negara yang menjadi sekutu Iran jika perang.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024