Sakit, Bagian Tubuh Kembar Cantik ini Membatu

Si kembar Zoe Buxton dan Lucy Fretwell
Sumber :
  • Lucy Fretwell/ allthingsbeatifullymade/metro.co.uk

VIVA.co.id – Sepasang kembar perempuan di Irlandia menderita penyakit langka yang membuat fisiologi otot tubuhnya  berubah seperti menjadi "batu". Zoe Buxton dan Lucy Fretwell diketahui menderita fibrodysplasia ossificans progressiva (FOP) yaitu sebuah kondisi yang memengaruhi hanya sekitar 800 orang di seluruh dunia.

Kisah Sofia Hart Tidak Punya Denyut Nadi, Bagaimana Bisa Bertahan Hidup?

Kondisi ini menyebabkan jaringan otot dan tendon digantikan oleh tulang dan secara bertahap mengurangi pergerakan. Zoe dan Lucy dari County Antrim, Irlandia Utara tersebut diketahui telah menderita kondisi ini sejak kecil.

Keduanya terlahir dengan benjolan tulang kecil di jari kaki mereka namun dokter tidak mengetahui hal itu indikasi serius pada saat kembar tersebut dilahirkan.

Langka! Wanita Ini Alergi Air, Bagaimana Kehidupannya?

"Ketika berusia lima tahun, saya jatuh dari sofa dan mengalami patah siku. Kami pikir itu cedera normal, saya langsung tidak bisa melengkungkan tangan saya," kata Zoe sebagaimana dikutip Metro, Selasa 18 Juli 2017.

Dia didiagnosis bersamaan dengan Lucy pada saat berusia delapan tahun. Namun orang tua mereka mencoba menyembunyikan kondisi tersendung.

Viral Tubuh Bayi Membesar Mirip Hulk, Ternyata Idap Penyakit Langka

Lalu Lucy tersandung di sekolah saat berusia 11 tahun yang melukai bagian belakang lehernya dan tak bisa disembuhkan. Keanehan otot dan tulang juga membuatnya tidak bisa mengangkat lengan hingga atas kepala.

Kejadian lainnya, pada tahun yang sama, Zoe mengalami patah kaki dan tidak bisa meluruskannya kembali meski telah melakukan berbagai pengobatan.

Kakak beradik kembar tersebut kini menjalani uji klinis di London, Inggris untuk mendapatkan obat formula baru yang diharapkan bisa membantu kondisi mereka. Keduanya hingga kini belum mengalami pertumbuhan tulang baru. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya