Kebakaran Besar di Prancis, 10 Ribu Orang Dievakuasi Semalam

Kebakaran di Pulau Corsica, Prancis
Sumber :
  • Facebook/Florianne Amblard via REUTERS

VIVA.co.id – Sedikitnya 10 ribu orang harus dievakuasi dalam semalam setelah kebakaran hutan besar-besaran terjadi di Prancis bagian selatan. Di antara mereka yang dievakuasi diyakini merupakan ribuan wisatawan termasuk orang-orang yang sedang menginap di perkemahan.

BMKG Prediksi Puncak Musim Kemarau Agustus 2020

Petugas pemadam kebakaran di Bormes-les Mimosas mengatakan, evakuasi terhadap ribuan orang tersebut dilakukan karena memantau pergerakan api yang semakin meluas. Di area tersebut, populasi manusia dengan adanya turis biasanya bertambah banyak pada musim panas.

Sejak kemarin, lebih dari 4.000 petugas pemadam kebakaran dan pasukan yang didukung oleh 19 pesawat pengebom air telah diturunkan untuk memadamkan api. Dilaporkan terjadi area bekas hangus kebakaran hutan yang luas di berbagai tempat.

RUU Cipta Kerja, Jokowi Lemahkan Penegakan Hukum Lingkungan

Diberitakan Metro, Rabu 26 Juli 2017, kebakaran tersebut telah melahap sekitar 4.000 hektare tanah di sepanjang Mediterania khususnya di daerah pegunungan dan Pulau Corsica.

Adanya angin kencang membuat api sulit dipadamkan. Pemerintah Prancis juga sudah meminta mitranya dari Uni Eropa untuk mengirim dua pesawat pemadam kebakaran tambahan. Permintaan ini kemudian dipenuhi oleh Italia.

Dikepung Asap Kebakaran Hutan, Australian Open Terancam Ditunda

Menteri Dalam Negeri Prancis Gerard Collomb mengumumkam akan menambah enam pesawat pemadam kebakaran lagi ke lokasi selama kunjungannya ke Corsica. (ren)

BBC Indonesia

Mungkinkah Fatwa Agama Cegah Kebakaran Hutan di Indonesia?

Indonesia adalah rumah bagi lahan gambut luas.

img_title
VIVA.co.id
27 Maret 2020