Polisi Australia Gagalkan Rencana Teror Ledakkan Pesawat

Polisi Australia saat penyergapan teroris.
Sumber :
  • REUTERS/David Gray

VIVA.co.id – Perdana Menteri Australia Malcolm Turnbull mengabarkan penggerebekan empat orang teroris di Australia. Mereka ditangkap dari beberapa lokasi di Sydney.

Kemarin Gamblang, Kini Rusia Secara Resmi Salahkan Ukraina atas Serangan Terorisme di Moskow

Menurut Turnbull, keempat orang ini berencana meledakkan pesawat menggunakan bom rakitan. "Para penyelidik memiliki informasi rencana mereka. Penggerebekan ini adalah sebuah operasi gabungan pencegahan terorisme yang besar," ujarnya seperti dikutip dari BBC, 30 Juli 2017.

Turnbull juga menyatakan, saat ini pemerintah Australia melakukan pengamanan ekstra di bandara domestik dan internasional. Media Australia ABC, melaporkan penggerebekan dilakukan di empat wilayah, yaitu Surry Hills, Lakemba, Wiley Park, dan Punchbowl.

Kremlin: Presiden Vladimir Putin Rasakan Kesedihan Mendalam Atas Aksi Terorisme di Moskow

Komisioner Polisi Federal Australia Andrew Colvin mengatakan keempat orang yang  ditahan adalah laki-laki. "Dalam beberapa hari kami mewaspadai informasi yang mengarah pada perencanaan serangan teroris dengan menggunakan IED atau bom rakitan," ujarnya.

Namun Colvin mengaku belum mendapatkan informasi mengenai serangan dengan spesifik, siapa yang menjadi sasaran, kapan waktunya, dan lokasi rencana serangan.

4 Pelaku Terorisme Moskow Ternyata di Bawah Pengaruh Obat-Obatan Terlarang
Remaja 16 tahun yang menikam pendeta dan bishop di Australia

Remaja Tikam 2 Pendeta Resmi Ditetapkan Sebagai Tersangka Terorisme

Remaja laki-laki berusia 16 tahun yang dituduh menikam dua pendeta saat kebaktian gereja di kota Sydney, Australia timur, resmi didakwa melakukan pelanggaran terorisme.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024