AS Minta Negara ASEAN Tekan Korea Utara

Warga Korea Utara saat memperingati hari nasional negara tersebut di Pyong yang.
Sumber :
  • KCNA/via REUTERS

VIVA.co.id – Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, Rex Tillerson, kembali meminta China menekan Korea Utara. Tak hanya itu, AS juga meminta agar negara-negara Asia lainnya juga ikut menekan Korea Utara.

5 Negara dengan Militer Aktif Terbanyak di Dunia, Ada Indonesia?

Susahn Thornton, Asisten Menteri Luar Negeri AS untuk Asia Timur mengatakan bahwa Tillerson akan bertemu dengan menteri luar negeri China pada pertemuan ASEAN Ministerial Meeting di Manila, Filipina.

Thornton mengatakan bahwa Tillerson yang dijadwalkan akan berada di Manila pada Sabtu esok akan menginisiasi kerja sama yang lebih kuat dalam mengisolasi Korea Utara dan untuk menerapkan sanksi PBB atas program rudal serta senjata nuklir negara itu.

Negara Sahabatnya Diserang Teroris, Kim Jong Un: Korea Utara Bersama Rusia

Dalam hal ini, Tillerson mengatakan bahwa Washington ingin melihat sikap negara-negara yang dinilai perlu memberi penekanan dalam komunikasi dengan Pyongyang.

"Apa yang ingin kami lakukan adalah menggembleng dengan tekanan dan mengisolasi Korut, sehingga bisa lihat berapa peluang Korut untuk mengembangkan program senjata ini," kata Thornton sebagaimana diberitakan Reuters.

PM Jepang Berencana Perbaiki Hubungan dan Bertemu dengan Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un

Thornton mengatakan bahwa China telah mengambil langkah signifikan untuk menekan Korut. Namun, China dinilai sebenarnya bisa melakukan lebih banyak hal untuk memberi sanksi terhadap Korut.  

"Kami ingin melihat lebih banyak tindakan cepat dan jelas. Kami belum menyerah," ujarnya.

Ilustrasi bendera Korea Utara.

Deretan Aturan Nyeleneh yang Mengatur Kehidupan Korea Utara di Era Kim Jong Un

Korea Utara, salah satu negara yang paling terisolasi dan diperintah otoriter di dunia, dipimpin oleh keluarga Kim yang mempertahankan kekuasaannya dengan tangan besi ini

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024