Menhan AS: Jika Korut Tembak Rudal Lagi, 'Permainan Dimulai'

Menteri Pertahanan AS, Jenderal James Mattis alias Mad Dog.
Sumber :
  • Reuters/Yuri Gripas

VIVA.co.id – Menteri Pertahanan AS, James Mattis, memperingatkan Korea Utara, jika mereka jadi menembakkan rudalnya ke wilayah AS, maka 'permainan akan dimulai.'

Kim Jong-Un Dikabarkan Meninggal Dunia

Pernyataan itu disampaikan oleh Mattis di Pentagon kepada wartawan, Selasa, 14 Agustus 2017. "Anda tak perlu menembak orang-orang di dunia ini, kecuali Anda siap dengan konsekuensinya," ujarnya.

Mattis mengatakan Washington siap dalam sekejap jika Korea Utara meluncurkan senjata mereka ke wilayah AS, termasuk Guam. Ia juga mengatakan, Amerika akan mengerahkan semua kemampuannya jika rudal itu ditujukan ke seluruh daratan Amerika.

Demi Lolos Tes Narkoba, Wanita di AS Kirim Urine Anjing Peliharaan

Tapi Mattis juga menegaskan, meski militer sangat siap untuk melindungi Guam dari ancaman militer Korea Utara, namun keputusan untuk mengobarkan perang bergantung pada Trump dan Kongres.

"Perang adalah keputusan Presiden, dan mungkin melalui persetujuan Kongres, pada dasarnya kami siap mempertahankan negara ini dari serangan, bagi kami itu adalah perang, itu adalah situasi perang," ujarnya seperti dikutip dari CNN, 15 Agustus 2017.

Kim Jong-un Siapkan Uji Coba Rudal Antar Benua

"Kami akan mempertahankan negara ini dari serangan apapun, kapanpun, dari seluruh sudutnya. Ya, itu artinya bagi tentara muda, mereka akan memasuki zona perang, selamat datang di kenyataan. Tapi ini bukan deklarasi perang," lanjut dia. (ren)

Rumah mewah Kim Jong-un.

Kapal Mewah Kim Jong-Un Tertangkap Satelit di Sekitar Kota Wonsan

Kim Jong-Un diyakini ada di vila dalam masa pemulihan akibat operasi.

img_title
VIVA.co.id
30 April 2020