Tak Punya Hati Sempat-sempatnya Selfie di Lokasi Tabrakan KA

Lokasi kecelakaan kereta api di Mesir beberapa waktu lalu.
Sumber :
  • REUTERS/Osama Nageb

VIVA.co.id – Pemerintah Mesir memutuskan untuk memutasi enam petugas kesehatan. Mereka sempat-sempatnya swafoto (selfie) dengan latar belakang gerbong kereta yang hancur akibat tabrakan beberapa hari lalu.

5 Kecelakaan Kereta Api Terseram di Indonesia, Selalu Terjadi di Hutan

Tak cuma swafoto, para petugas medis itu juga mengunggah foto-foto tersebut ke media sosial mereka. Foto-foto petugas medis yang masih berseragam lengkap itu mengundang kemarahan warganet di Mesir. Mereka menganggap para petugas medis tak berempati dan tak sadar bahwa mereka harus lebih dulu menyelamatkan dan menolong korban.

Dua kereta api bertabrakan di Kota Alexandria, Mesir, pada Jumat pekan lalu. Kecelakaan itu menewaskan 41 penumpang dan disebut sebagai salah satu kecelakaan  kereta yang mematikan di wilayah Afrika. Presiden Mesir Abdel Fattah El-Sisi memerintahkan agar kecelakaan itu segera mendapat penanganan.

Kronologi Tujuh Gerbong Kereta Api Keluar Jalur Rel di Malang

Namun, kemudian beredar foto-foto para petugas medis yang melakukan aksi swafoto di depan bangkai kereta. Warganet yang marah menuntut agar para petugas medis itu mendapat hukuman. Salah seorang memberi label foto itu dengan tulisan,"conscience in koma" atau "hati nurani sedang koma." Dan menyebut foto tersebut sebagai 'selfie medics.'

Kemarahan warganet langsung mendapat tanggapan dari pihak berwenang Mesir.  Direktur Layanan Darurat Kementerian Kesehatan Ahmed Al-Ansari mengatakan  bahwa enam anggota awak ambulans telah dipindahkan ke oasis Siwa barat sebagai hukuman. "Itu adalah tindakan yang tidak tepat," katanya, seperti diberitakan oleh Arab News, 15 Agustus 2017.

Mobil Tertabrak KA Penataran-Dhoho, 3 Orang Meninggal Dunia

Layanan ambulans Mesir telah dipuji di negara tersebut di masa lalu karena pekerjaan mereka yang sering berbahaya saat merawat demonstran selama demonstrasi Musim Semi Arab tahun 2011. Sementara itu, kantor berita negara MENA pada Jumat pekan lalu mengatakan jaksa Mesir telah memerintahkan penahanan supir kereta api dan asisten mereka yang terlibat dalam tabrakan tersebut. Jaksa memerintahkan dua supir kereta dan dua asisten ditahan selama 15 hari dan melepaskan beberapa pegawai perkeretaapian lainnya, kata MENA. Sampel darah dan urin diambil dari satu supir untuk memeriksa penggunaan narkoba.

Warga Mesir telah lama mengeluh bahwa pemerintah telah gagal menerapkan pengamananan dasar untuk perkeretaapian. Penumpang kereta api di Mesir berulangkali merasa dirugikan oleh pelayanan kereta api di negara tersebut. (ren)

Kecelakaan kereta api Bikaner Guwahati Express di India

Kereta Anjlok di India, Penumpang Terjepit di Gerbong Ringsek 8 Tewas

Kereta api Bikaner-Guwahati Express anjlok yang menyebabkan tiga gerbong rangkaian kereta terbalik di distrik Jalpaiguri, Benggala Barat, India pada Kamis

img_title
VIVA.co.id
14 Januari 2022