26-08-1914: Tentara Rusia Dihabisi di Pertempuran Tannenberg

Ilustrasi tentara Rusia di Jerman Timur, 1994.
Sumber :
  • Reuters

VIVA.co.id – Pada hari ini, tepat tanggal 26 Agustus 1914, Armada Militer ke-8 Jerman di bawah kepemimpinan Paul von Hindenburg dan Erich Ludendorff menyerang pasukan militer, Armada ke-2 Rusia yang dipimpin Jenderal Aleksandr Samsonov. Pertempuran terbuka itu terjadi di bagian timur Prusia dalam waktu awal dimulainya Perang Dunia I.

Putin Kirim 300 Ribu Tentara Rusia Cadangan ke Ukraina

Dikutip dari laman History.com, pada pertengahan Agustus 1914, Rusia sudah mengirimkan armadanya ke bagian timur Prusia. Sementara Jerman pada saat itu masih berkonsentrasi dengan peperangan melawan Prancis di bagian barat.

Armada ke-1 Rusia dipimpin oleh Jenderal Pavel Rennenkampf mengambil posisi yang berbeda dengan pasukan yang dipimpin rekannya Jenderal Aleksandr Samsonov. Kedua pasukan itu berada di sisi berbeda dan belakangan diketahui medan yang memisahkan mereka yang menyulitkan tentara pimpinan Rennenkampf membantu pasukan Samsonov.

Tentara Rusia Kepung Kota Pusat Logistik Ukraina

Padahal setelah kemenangan tentara Rusia di pertempuran Gumbinnen, pada tanggal 20 Agustus 1914, Rennenkampf mengistirahatkan pasukannya.

Alhasil, di pertempuran Tannenberg disebutkan sekitar 50 ribu prajurit Rusia tewas dan puluhan ribu lainnya menjadi tawanan.
 
Pertempuran Tannenberg menjadi salah satu pertempuran yang dicatat dimenangkan oleh pasukan Jerman, karena Rusia tidak bisa mendapatkan bantuan jumlah pasukan pada waktu yang tepat. (ase)

Tentara Rusia Lelang Pisau yang Digunakan untuk Potong Telinga Tersangka Terorisme Moskow
VIVA Militer: Ledakan di PLTP Trypilska akibat serangan rudal Rusia

Horor, Rudal Termonuklir Rusia Hantam Situs Listrik Ukraina

Militer Rusia jarang gunakan rudal ini.

img_title
VIVA.co.id
12 April 2024