Lebih dari 1,8 Juta Jemaah Haji Tiba di Mekah

Suasana di sekitar Kabah di Kota Mekah, Arab Saudi jelang puncak haji.
Sumber :
  • H Eko Priliawito - VIVA.co.id

VIVA.co.id –  Pemerintah Saudi mengatakan, sudah lebih dari 1,8 juta calon haji telah tiba di Mekah. Mereka memasuki Saudi dari berbagai pintu.

Calon Jemaah Haji Bakal Punya Vitrual Account

Direktur Umum Perjalanan Haji Mesir, Mayor Jenderal Sulaiman Al-Yahya menyampaikan informasi tersebut dalam sebuah konferensi pers yang digelar di Jeddah.

"Lebih dari 1,6 juta jemaah haji tiba di airport, 88.500 dari mereka datang dari pos pemeriksaan di perbatasan. Sejumlah 14.800 lainnya, tiba di pelabuhan. Lebih dari 134 ribu jemaah adalah warga Saudi, dan 109 ribu adalah ekspatriat yang dihitung sebagai jemaah domestik," ujarnya seperti dikutip dari Al Arabiya, Rabu 30 Agustus 2017.

Alasan Menag Tak Ingin Tambah Kuota Jemaah Haji RI

Direktorat Perjalanan Haji itu juga menyampaikan, pihaknya telah memberikan lisensi pada ekspatriat yang bekerja di sektor transportasi di sejumlah situs bersejarah, termasuk telah memberikan 73.488 lisensi kepada ekspatriat yang bekerja di sektor transportasi di tempat-tempat suci.

Direktorat juga mengatakan, mereka menyita lima kendaraan, memenjarakan 375 orang, juga mengumpulkan dan mencatat identitas 1,7 juta pelanggar dengan tuduhan pemalsuan paspor.

Meski Sukses, Haji 2017 Tetap Harus Dievaluasi

Jutaan jemaah yang sudah berkumpul di Mekah itu, kini bersiap untuk menghadapi ritual puncak ibadah haji. Pemerintah Saudi terus melakukan upaya untuk membuat jemaah aman dan nyaman.

Lebih dari 100 ribu petugas keamanan disiagakan. Melalui konferensi pers, Menteri Dalam Negeri Saudi, Mansour al-Turki mengatakan, siap menjaga keamanan dan ketenangan jemaah haji untuk menyelesaikan seluruh ritual ibadah haji.

Para jemaah haji di dalam pesawat

Tips bagi Jemaah Haji Hilangkan Pegal Selama di Pesawat

Perjalanan makan waktu 8 hingga 9 jam.

img_title
VIVA.co.id
19 Juli 2018