Gaya Khas Penyiar TV Korut Beritakan Uji Coba Bom Hidrogen

Presenter Korean Central Televisi saat bacakan berita uji coba bom hidrogen.
Sumber :
  • Repro KCT

VIVA.co.id – Korea Utara sudah mengakui melakukan uji coba nuklir dengan meledakkan bom hidrogen yang dirancang untuk dipasang pada rudal balistik antarbenua.

Negara Sahabatnya Diserang Teroris, Kim Jong Un: Korea Utara Bersama Rusia

Bom hidrogen itu diduga diledakkan di bekas lokasi uji coba nuklir di wilayah Sungjibaegam, Korea Utara. Ledakan ini terpantau karena menciptakan getaran mirip gempa oleh Badan Survei Geologi Amerika Serikat, United States Geological Survey (USGS).

USGS, dalam situs resminya, menyatakan ledakan itu memiliki kekuatan 6,3 magnitude, terjadi pada pukul 03.38.31 waktu Universal Terkoordinasi (UTC), Minggu, 3 September 2017.

PM Jepang Berencana Perbaiki Hubungan dan Bertemu dengan Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un

Dunia dibuat heboh dengan uji coba senjata pembunuh massal itu. Sebab, awalnya banyak yang mengira Korea Utara hanya melakukan propaganda saja, ketika sehari sebelumnya media di negara tertutup itu, menyiarkan foto pemimpin mereka, Kim Jong Un saat berada di dekat sebuah bom nuklir yang sedang dikembangkan Pyongyang.

Pernyataan uji coba bom hidrogen itu muncul beberapa jam usai peledakkan dilakukan, pernyataan itu disampai pemerintah Korea Utara melalui televisi resmi mereka Korean Central Television.

Korea Selatan Yakin Putri Remaja Kim Jong Un Akan Jadi Penerus sang Diktator

"Kesuksesan sempurna dan merupakan langkah bermakna dalam menyelesaikan program senjata nuklir negara tersebut," kata penyiar KCT dalam laporan langsungnya seperti dilansir straitstimes.

Saat pernyataan ini disiarkan sejumlah media, banyak yang penonton yang menyatakan ketidaksukaan atas uji coba itu, sebab apa yang dilakukan Korea Utara, dapat mengancam jiwa penduduknya sendiri dan juga masyarakat dunia.

Apalagi tensi permusuhan antara Korea Utara dengan sejumlah negara seperti Amerika Serikat dan Korea Selatan, sedang tinggi. Terutama setelah Korut melepaskan rudalnya melintasi langit Hokkaido, Jepang.

Sangat Bersemangat

Namun, banyak juga penonton yang menyoroti gaya aneh penyiar  KCT saat membacakan berita penting itu. Dalam rekaman video siaran langsung itu, terlihat penyiar wanita itu dengan sangat bersemangat dan ceria membacakan tulisan pernyataan dari Pemerintah Korut yang ada di kertas yang dia pegang.

Saat menyampaikan berita, tak raut ketakutan dan tegang di wajah sang penyiar yang hadir dengan mengenakan pakaian khas Korea Utara. Bahkan, dia sangat bangga saat menyebut Korea Utara telah sukses dengan sempurna melakukan uji coba senjata paling mematikan itu.

Bahkan penyiar yang telah berusia tak muda lagi itu, tak henti-hentinya menebar senyuman. Lihat videonya di bawah atau klik ini:

(ren)
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya