Waspada Kejahatan 'Push-Pocket' di Malaysia

Ilustrasi copet
Sumber :
  • Vivanews/ Ahmad Rizaluddin

VIVA.co.id – Kepala Polisi Malaysia memperingatkan agar masyarakat tidak menjadi korban kejahatan 'push-pocket.' Kejahatan ini dilakukan dengan menjebak dan menuduh korban mencuri barang pribadi.

2 Copet Spesialis KRL Bekasi Dibekuk Polisi, Telah Beraksi Selama 16 Tahun

Kejahatan ini akan berujung pada penipuan dan pemerasan terhadap seseorang. Menurut peringatan yang beredar di media sosial, target kejahatan ini adalah orang asing yang tiba di Bandara Internasional Kuala Lumpur (KLIA) atau yang berada di stasiun LRT.

Inspektur Jenderal Polisi Tan Sri Khalid Abu Bakar Khalid menyarankan agar korban tidak takut dan membawa pelaku yang mengancam mereka tersebut ke kantor polisi terdekat.

Beraksi di Fly Over Pasar Rebo, Dua Spesialis Copet Dalam Angkot Ditangkap Polisi

"Jika ada yang mendatangi Anda dan menuduh melakukan pencurin, jangan takut. Bawa mereka ke kantor polisi terdekat. Jangan menyelesaikan masalah ini sendiri karena mereka tidak berani pergi ke kantor polisi," katanya, seperti dikutip Straits Times.

Pelaku kejahatan 'push-pocket' beraksi dengan memasukkan barang-barang seperti telepon genggam atau dompet ke dalam kantong korban di tempat-tempat ramai di sekitar Kuala Lumpur.

Heroik, Istri Polisi Bekuk Pencopet di Pasar

Mereka kemudian akan menuduh korban melakukan pencurian, sebelum akhirnya meminta korban untuk membayar sejumlah uang atau akan dilaporkan ke polisi. Korban biasanya setuju untuk mengeluarkan uang karena ketakutan.

Untuk menghentikan aksi para pelaku, polisi Malaysia meminta agar korban menerima tawaran ke kantor polisi agar tak menjadi korban kejahatan tersebut.

Aksi Copet di Jalan Juanda Kota Bogor Terekam

Aksi Copet di Jalan Juanda Kota Bogor Terekam, Netizen: Gue Pernah Diancam!

Beredar di sosial media video yang memperlihatkan aksi seorang copet di Jalan Juanda, Kota Bogor. Video itu diunggah oleh akun X (twitter)) dan viral menarik perhatian

img_title
VIVA.co.id
18 September 2023