Dua Bulan Amnesti Senjata Api Australia, Jumlahnya Fantastis

ilustrasi senjata api
Sumber :
  • REUTERS/ Joshua Lott

VIVA.co.id – Hampir 26 ribu senjata api telah diserahkan kepada pihak berwenang selama dua bulan terakhir. Hal itu dilakukan dalam rangka program amnesti senjata nasional Australia yang pertama dilakukan sejak 20 tahun terakhir.

Dito Mahendra Divonis 7 Bulan, Langsung Keluar Penjara

Menteri Kehakiman Australia, Michael Keenan mengatakan, penyerahan tersebut adalah langkah positif yang menunjukkan bahwa warga Australia serius untuk melindungi diri dan keluarga mereka. Sejak 1 Juli lalu, sebanyak 464 senjata rata-rata diserahkan setiap harinya.

Diberitakan The Guardian, Jumat 8 September 2017, ribuan senjata api tersebut dikumpulkan dari New South Wales (13.468), Queensland (7.000), Victoria (2.150), Tasmania (1.136) dan Australia Selatan (1.338). Sementara sisanya dikumpulkan dari Ibu Kota Australia, Australia barat dan Northern Territory.

5 Alutsista Asli Buatan Indonesia Ini Laris Manis Dipesan Negara Lain

Amnesti senjata api alias senpi adalah kebijakan yang dilakukan pemerintah negara bagian dan teritori pada bulan Februari lalu sebagai bagian dari implementasi Revisi Perdamaian Nasional 2017.

Amnesti ini dipicu oleh adanya serangan di Martin Place di Sydney yang menggunakan senjata api yang mendorong Perdana Menteri Turnbull mengajukan peninjauan kembali atas kesepakatan senjata api tahun 1996 yang diajukan oleh pemerintah Howard.

Bandar Narkoba Diringkus, dari Sepasang Kekasih Pengedar Ganja Hingga yang Bersenjata-api

"Tersisa tiga minggu bagi warga Australia untuk menyerahkan senjata api yang tidak terdaftar. Seperti yang kita ketahui, satu senjata api di tangan yang salah bisa mematikan," ujar Keenan.

Amnesti tersebut akan berakhir pada 30 September 2017. Program ini bagian pengendalian sekaligus pengampunan bagi pihak yang memiliki senjata namun secara ilegal. Mereka yang memiliki senjata ilegal harus menyerahkannya ke masing-masing negara bagian dan teritorinya.  

VIVA Militer: Dansatgas Pamtas RI-RDTL Yonkav 6/NK serahkan senjata rakitan

Satgas Pamtas RI-RDTL Naga Karimata TNI AD Serahkan 7 Pucuk Senjata Api ke Brigjen TNI Joao Xavier

Satgas Pamtas RI-RDTL berhasil mendapatkan 7 pucuk senjata rakitan dari masyarakat di wilayah perbatasan RI-Timor Leste

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024