Bangladesh Tak Mau Tampung Rohingya dalam Waktu Lama

Pengungsi Rohingya di tempat penampungan sementara di Bangladesh, 9 September 2017.
Sumber :
  • REUTERS/Danish Siddiqui

VIVA.co.id – Perdana Menteri Bangladesh Sheikh Hasina meminta, PBB dan masyarakat internasional menekan Pemerintah Myanmar dan menjamin keselamatan pengungsi Rohingya yang melarikan diri akibat mengalami kekerasan di negara bagian Rakhine.

Pengungsi Rohingya Tetap Dibantu tapi RI Perhatikan Kepentingan Nasional, Menurut Kemenkumham

Sheikh Hasina saat berkunjung ke kamp pengungsi Kutupalong mengatakan, bahwa Bangladesh akan memberikan bantuan dan perlindungan sementara bagi pengungsi tersebut. Namun ia menegaskan, Myanmar seharusnya membawa warga negaranya tersebut kembali ke Rakhine.

Seperti diketahui sekitar 370 ribu dari populasi minoritas Rohingya di Myanmar telah meninggalkan negara bagian Rakhine khususnya ke negara tetangga Bangladesh dalam beberapa pekan terakhir. Hal ini dipicu bentrokan dan konflik yang terjadi akhir Agustus lalu.

Gempa Susulan Masih Terus Muncul, Jumlah Pengungsi di Pulau Bawean Kian Bertambah

"Dalam rapat Parlemen, kami telah mengambil resolusi bahwa Myanmar harus membawa semua warganya kembali ke negara mereka dan menciptakan suasana yang kondusif sehingga mereka bisa kembali," kata Hasina seperti dilansir Al Jazeera, Rabu 13 September 2017.

Krisis Rohingya telah menuai kritik tajam dari seluruh dunia. Awal pekan ini, pemimpin tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei menyebut, pembunuhan terhadap muslim Rohingya adalah bencana politik bagi Myanmar.

11 Warga Rohingya Meninggal di Perairan Barat Aceh, Menurut Laporan Imigrasi

Sementara Kepala Badan HAM PBB Zeid Ra'ad al-Hussein mengecam situasi di Myanmar sebagai sebuah contoh pembersihan etnis. Inggris dan Swedia juga telah meminta Dewan Keamanan PBB mengadakan pertemuan darurat untuk menangani situasi Rohingya. (mus)
 

Gunung Ruang di Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro), Sulawesi Utara, terpantau diselimuti awan kabut dari atas KM Bimasena yang digunakan oleh Tim Kantor SAR Manado mengevakuasi warga setempat, Rabu, 18 April 2024.

10 Desa dan 2 Kelurahan Terdampak Hujan Abu-Kerikil Erupsi Gunung Ruang, Menurut BNPB

Sebanyak 10 desa dan dua kelurahan di Kecamatan Tagulandang, Kabupaten Sitaro, terdampak material vulkanik erupsi Gunung Ruang, menurut laporan BNPB.

img_title
VIVA.co.id
21 April 2024