Tujuh WNI Terjebak di Pulau yang Hancur Diterjang Badai Irma

Badai Irma melalui pantauan satelit NASA.
Sumber :
  • Reuters

VIVA.co.id – Sebanyak tujuh Warga Negara Indonesia (WNI) terjebak di Pulau Tortola, Kepulauan Virgin Britania Raya, usai badai besar Irma menghantam wilayah Amerika Serikat dan Karibia.

Begini Pemandangan di Dalam Mata Badai Irma

Direktur Perlindungan WNI dan Badan Hukum Indonesia (PWNI-BHI) Kementerian Luar Negeri RI, Lalu Muhammad Iqbal mengatakan, pemerintah, melalui Kedutaan Besar RI di Caracas, Venezuela, mengupayakan penyelamatan mereka.

"Evakuasi akan dilakukan dengan pesawat khusus dari Caracas, dipimpin langsung oleh Duta Besar RI di Caracas, Mochammad Luthfie Witto'eng," ujar Iqbal melalui keterangan tertulis, Sabtu, 16 September 2017.

Korban Tewas Badai Irma di AS Jadi 10 Orang

Iqbal mengatakan, evakuasi WNI itu terpaksa dilakukan dengan menggunakan pesawat khusus, sebab layanan penerbangan komersil reguler dihentikan usai badai. Menurut Iqbal, Badai Irma telah menghancurkan Pulau Tortola dibanding pulau-pulau lain.

"Sebagian besar infrastruktur mengalami kerusakan parah. Sejak terjadinya badai, pasokan air, listrik, dan logistik lainnya berhenti total," ujar Iqbal.

Badai Irma Hentikan Produksi Film Superhero Hollywood Ini

Ketujuh WNI yang diketahui berasal dari Bali tersebut merupakan pekerja di salah satu tempat wisata di Pulau Tortola. Menurut Iqbal, pesawat khusus yang akan menjemput para WNI, direncanakan tiba di Caracas pada hari ini. "Kemlu terus memantau perkembangan ketujuh WNI melakukan komunikasi telepon.” (mus)

Tujuh WNI korban badai Irma yang dievakuasi

Tujuh WNI Korban Badai Irma Berhasil Dievakuasi

Terdiri dari satu balita berusia 4 tahun, lima wanita, dan satu pria.

img_title
VIVA.co.id
17 September 2017