Kroasia Puji Indonesia, Sebut Negara Sukses Jaga Toleransi

Menlu Retno Marsudi bersama Menlu Kroasia
Sumber :
  • Kemlu RI

VIVA.co.id – Kroasia memuji kemajuan Indonesia dalam memelihara toleransi masyarakat melalui dialog antarumat beragama. Kemajuan ini membuat negara dengan penduduk mayoritas beragama Kristen tersebut tertarik untuk meningkatkan kerja sama dan dialog antarumat beragama.

10 Kota Intoleran di Indonesia, Kota Terkenal Ini Masuk ke Daftar

"Indonesia memiliki kerja sama interfaith dengan berbagai negara dan menyambut baik keinginan Kroasia untuk melakukan kerja sama interfaith," kata Menteri Luar Negeri Retno Marsudi saat bertemu dengan menlu Kroasia di sela Sidang Umum PBB di New York, Amerika Serikat.

Isu penting lainnya dalam pertemuan tersebut adalah menlu menggarisbawahi pentingnya peningkatan hubungan perdagangan dan investasi serta pendidikan serta sosial budaya.

Prabowo Hadiri Natal Nasional di Surabaya Bareng Jokowi, Masyarakat Antusias Minta Selfie

Menurut Retno, beberapa cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan perdagangan Indonesia dan Kroasia adalah dengan menggali potensi komoditas dagang, memfasilitasi pertemuan antara pelaku bisnis kedua negara dan meningkatkan partisipasi pada promosi perdagangan.

Indonesia juga menyambut baik tawaran Kroasia untuk menjadikan negaranya sebagai pintu masuk bagi produk atau komoditas Indonesia ke pasar Uni Eropa. Kroasia merupakan mitra dagang Indonesia terbesar ketujuh di kawasan Eropa Timur dan Tenggara.

Emak-emak Berkerudung Masuk ke Gereja, Hal Baik Ini yang Dilakukan

Total perdagangan kedua negara pada 2016 mencapai US$62,88 juta dengan surplus untuk Indonesia sebesar US$35,5 juta. Saat ini, ada 51 WNI yang tinggal di Kroasia. Sementara itu, jumlah wisatawan Kroasia ke Indonesia sebanyak 2.504 orang.

Mikha Tambayong dan Suami

Meski Beda Agama, Ini Momen Mikha Tambayong dan Deva Mahenra Rayakan Lebaran Bersama

Meski Beda Agama, Ini Momen Mikha Tambayong dan Deva Mahenra untuk kedua kalinya merayakan Lebaran bersama sebagai suami istri.

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024