Dana Bantuan Australia ke Rohingya Tembus 15 Juta Dolar

Bantuan Untuk Pengungsi Rohingya di Cox's Bazar, Bangladesh
Sumber :
  • REUTERS/Danish Siddiqui

VIVA.co.id – Pemerintah Australia menyatakan ikut prihatin atas krisis Rohingya yang menyebabkan ratusan ribu pengungsi menyeberang ke Bangladesh. Australia kemudian meningkatkan jumlah bantuan yang diumumkan pada awalnya AUS$5 juta kini ditambah AUS$15 juta atau sekitar Rp196 ,5 miliar.

11 Warga Rohingya Meninggal di Perairan Barat Aceh, Menurut Laporan Imigrasi

Dirilis resmi Kedubes Australia, Kementerian Luar Negeri Australia menyatakan mereka mendapatkan informasi pada saat ini ada lebih dari 400 ribu pengungsi Myanmar di Bangladesh. Eksodus terjadi setelah adanya kekerasan yang disebut dilakukan oleh militer dan kelompok militan Buddha terhadap warga Rohingya di Rakhine.

Dengan nilai tersebut, Australia menyatakan akan menyalurkannya melalui penyediaan bahan makanan, tempat tinggal dan layanan kesehatan bagi pengungsi di Bangladesh. Bantuan tersebut disalurkan melalui program pangan dunia, organisasi migrasi internasional atau IOM dan berbagai lembaga kemanusiaan.

6 Jenazah Diduga Pengungsi Rohingya Kembali Ditemukan di Perairan Aceh

Menurut Australia, sejak tahun 2012 lalu, pemerintah negaranya sudah mengucurkan dana bantuan untuk Rohingya hingga AUS$65 juta.

Selain itu, Australia juga meminta agar pemerintah Myanmar berkomitmen melindungi hak-hak warga sipil. Australia juga berharap akses untuk bantuan kemanusiaan dibuka luas baik kepada Rohingya di Bangladesh maupun Rohingya yang masih berada di Rakhine.
 

3 Mayat Diduga Imigran Rohingya yang Mengapung di Laut Aceh Dievakuasi Tim SAR
Pengungsi Rohingya di Gedung Balee Meuseuraya Aceh. VIVA/Dani Randi

Pengungsi Rohingya Tetap Dibantu tapi RI Perhatikan Kepentingan Nasional, Menurut Kemenkumham

Kemenkumham Aceh menegaskan penanganan pengungsi etnis Rohingya di sejumlah tempat di provinsi Aceh tersebut harus tetap memperhatikan kepentingan nasional.

img_title
VIVA.co.id
4 April 2024